D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js

Cara mudah sinkronisasi Google Calendar dengan Mozilla Thunderbird Lightning

Sesuai janji saya pada artikel sebelumnya, kali ini kita akan mencoba step-by-step cara melakukan sinkronisasi Google Calendar dengan Mozilla Thunderbird Lightning. Ada beberapa hal yang harus ada siapkan.
  1. Pastikan Thunderbird sudah terinstall Add-on Lightning
  2. Pastikan Thunderbird sudah terinstall Add-on Provider for Google Calendar
  3. Account Gmail tentunya.
Contoh kasus kali ini adalah, saya ingin sinkronisasi kalender Hari Besar Nasional saya yang berapa di Google Calendar ke dalam Mozilla Thunderbird via Lightning. Caranya adalah sebagai berikut.

Mendapatkan private URL ICAL 

Pertama, kita harus mendapatkan alamat private ICAL dari Google Calendar yang ingin kita sync.
  1. Jalankan Browser favorit anda, lalu masuk ke google calendar, https://www.google.com/calendar
  2. Silahkan anda login
  3. Setelah masuk, silahkan anda klik menu > settings


  4. Pada halaman settings, klik tab Calendars


  5. Pada halaman Calendars, maka akan tertera kalender-kalendar yang anda miliki. Silahkan klik kalender yang anda maksud, pada contoh ini adalah Hari Nasional Indonesia.


  6. Pada halaman kalender yang anda pilih, silahkan scroll terussss sampai ke bagian paling bawah. Maka akan tertera Private Address. Di kanannya terdapat "tombol" XML dan ICAL. "Tombol" ICAL inilah yang kita perlukan. Silahkan klik kanan pada ICAL, lalu pilih Copy Link Address.


Setting Thunderbird Lighting

Setelah kita berhasil mendapatkan URL ICAL, maka langkah selanjutnya adalah membuat kalender di Thunderbird.
  1. Jalankan Thunderbird anda
  2. Klik File > New > Calendar
  3. Pilih On the Network, dikarenakan kalender yang akan kita buat ini adalah network kalender, bukan lokal. Lalu tekan Next


  4. Pilih Google Calendar sebagai providernya. Lalu paste ke dalam Location. Maka private URL ICAL yang sebelumnya kita copy akan terisi ke dalam location tersebut. Jika pada saat paste ternyata kosong, maka silahkan anda ulangi step Mendapatkan private URL ICAL di atas. Jangan lupa centang Offline Support agar kalender ini tetap bisa kita akses meskipun dalam keadaan offline. Kemudian tekan Next.


  5. Silahkan anda isi username dan password gmail anda jika muncul popup username dan password. Kemudian tekan OK.


  6. Kemudian silahkan beri nama kalender ini. Misalkan saya  berinama GHariNasional, juga pilih warna yang sukai untuk membedakan kalender ini dengan kalender yang lain. Jangan lupa centang Show Reminder agar reminder kalender dapat ditampilkan ke Desktop. Lalu tekan tombol Next.


  7. Tekan Finish. 

  8. Jika semuanya lancar, maka sekarang kalender Hari Nasional Indonesia saya di Google Calendar sudah tersinkronisasi dengan Thunderbird Lightning. Berikut ini adalah gambar perbandingan antara kalender Hari Nasional Indonesia saya di Google dan thunderbird.

    Kalender Hari Nasional Indonesia di Google Calendar

    Kalender Hari Nasional Indonesia di Mozilla Thunderbird Lightning
  9. Selesai
Sangat mudah bukan.

Dengan ini maka anda bisa memanage salah satu atau semua kalender anda di Google Calendar dengan mudah. Ulangin langkah-langkah di atas untuk setiap kalender anda di Google Calendar yang ingin anda sinkronisasi dengan Thunderbird. 

Sekian, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js
Load comments