D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js

Mengatasi masalah tidak dapat mengganti Display Picture di BBM for Android

BBM for Android sudah resmi dirilis, bahkan sudah mengalami update. Akan tetapi banyak user yang melaporkan masalah tidak dapat setting display picture. BBM akan crash atau force close pada saat mengganti display picture dari gallery. Hal ini tidak terjadi jika DP diganti dengan sample picture.

Ternyata tidak semua gadget android mengalami masalah ini. Salah satu yang mengalami masalah ini adalah Galaxy Note. Untuk mengatasi, hmm sebenarnya bukan mengatasi akan tetapi workaround, ya salah satu workaround dari problem ini adalah dengan mengganti Display Picture dengan file gif.

Saya yakin sebagian besar file gambar di gadget anda berformat jpeg atau png, dan sangat jarang yang berformat gif. Untuk mendapatkan file gif dari file-file jpeg/png anda, ada 2 cara yang dapat anda lakukan:
  1. Rename file jpeg/png anda menjadi gif
    Iya betul anda tidak salah baca. Hanya dengan mengubah extension dari file anda dari jpeg/png menjadi gif, anda akan dapat mengganti DP BBM anda dengan file tersebut. Cara ini susah susah gampang. Bisa susah karena tidak semua aplikasi file manager di Android mengijinkan perubahan extension, misalkan pada device Samsung. Silahkan anda coba melakukan rename file dengan menggunakan file manager anda, jika ternyata tidak bisa mengubah extensinya, maka anda bisa mencoba 2 aplikasi ini.
    File Expert 
    X-plore




    Sebaiknya anda jangan langsung merename file jpeg/png anda, melainkan kopi terlebih dahulu ke suatu folder tertentu, baru kemudian rename extension file di folder tersebut menjadi gif. Dengan begini anda akan tetap memiliki file aslinya. Setelah itu silahkan anda coba ganti DP BBM anda dengan file gif tersebut. Mudah-mudahan tidak crash lagi.

  2. Convert file jpeg/png menjadi gif
    Cara ini rasanya lebih elegan, yaitu dengan cara "menconvert" file jpeg/png menjadi file gif. Saya sampai sekarang belum menemukan aplikasi gratis untuk menconvert file gambar menjadi gif dengan mudah. Yang baru saya temukan adalah aplikasi untuk "membuat" file gif dari beberapa file gambar, yaitu Gif Camera.

    Untuk membuat file gif dengan Gif Camera ini, pertama silahkan install aplikasi tersebut.
    Kemudian jalankan Gif Camera, lalu pilih From Local.
    Kemudian pilih 1 gambar yang anda inginkan, dan 1 gambar sembarang (minimal harus 2 gambar terpilih), lalu tekan Done.
    Disana akan tertera 2 gambar yang tadi anda pilih. Silahkan uncentang salah satu gambar yang tidak anda inginkan. Setelah itu tekan tombol Save.

    Jika semua lancar, maka file gif anda akan tersimpan di dalam folder listen5/gif

    Selanjutnya silahkan anda coba untuk replace DP BBM anda dengan file tersebut, semoga tidak crash.
Sekian dan selamat mencoba.

D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js
Load comments