D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js

Cara Mengatasi icon BBM yang tidak muncul di statusbar Smartphone Android Oppo

Kalau boleh dibilang, artikel ini sebenarnya adalah versi khusus dari artikel sebelumnya, yaitu tentang masalah dimana BBM pada beberapa jenis smartphone Android gagal berjalan di belakang layar/background yang ditandai dengan tidak munculnya icon BBM pada status bar Android.

Secara singkat hal ini dapat dijelaskan sebagai-berikut. Aplikasi BBM sampai saat ini tidak menggunakan service Google Cloud Messaging, sehingga agar dapat mengirim dan menerima chat, BBM harus tetap berjalan di-background secara “full”. Maksud “full” di sini adalah, BBM oleh Android tetap dianggap sebagai aplikasi “foreground” meskipun tidak tampil dilayar. Sebagai akibatnya, pada kondisi tertentu, misalkan pada saat RAM minimum atau pada saat baterai mau habis, maka Android secara otomatis akan mematikan aplikasi-aplikasi seperti BBM ini untuk menghemat resource. Inilah yang menyebabkan, pada saat anda menekan tombol home, BBM akan langsung dimatikan alias dihilangkan dari memori yang ditandai dengan hilangnya icon BBM pada status bar Android anda.

Untuk mengatasi masalah ini, smartphone Android Oppo memiliki fitur khusus untuk mengijinkan aplikasi-aplikasi agar tetap berjalan dibelakang layar dan tidak akan secara otomatis di-kill meskipun kondisi recource minimum. Fitur ini disebut dengan latar belakang murni. Berikut ini cara untuk menambahkan BBM ke dalam daftar latar belakang murni.
Buka setting Android Oppo anda, dengan cara pulldown lalu tekan tombol seperti gambar di bawah ini.
Screenshot_2014-08-29-16-00-55

Kemudian pilih bagian Umum > Pengaturan keamanan.

Screenshot_2014-08-29-16-01-52

Pilih Latar belakang murni.

Screenshot_2014-08-29-16-02-22

Secara default, setting Latar belakang murni ini biasanya dalam kondisi nonaktif. Oleh karena itu, aktifkan terlebih dahulu dengan menggeser/menekan/tab tombol seperti gambar di bawah ini.

Screenshot_2014-08-29-16-02-44

Setelah aktif, tekan tombol Tambah app di kiri bawah.

Screenshot_2014-08-29-16-02-55

Kemudian silahkan anda cari aplikasi BBM di antara daftar aplikasi yang muncul, beri tanda centang lalu tekan tombol OK.

Screenshot_2014-08-29-16-03-18

Hasilnya seperti pada gambar di bawah ini.

Screenshot_2014-08-29-16-03-36

Kemudian force close BBM anda dengan cara seperti tertulis pada artikel sebelumnya, atau kalau tidak ingin rumit, silahkan restart Smartphone anda. Lalu jalankan lagi BBM. Jika semuanya lancar, maka sekarang icon BBM anda akan tetap muncul di statusbar Android dan anda bisa ber-BBM-an dengan tenang.

Screenshot_2014-08-29-16-01-52-edit

Sekian, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Update :
Jika cara di atas masih tetap gagal, maka ada baiknya anda cek kapasitas RAM dan cobalah menghemat penggunaan RAM. Silahkan coba artikel ini : http://webkayq.blogspot.co.id/2015/11/cara-menhemat-ram-di-android.html
D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js
Load comments