D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js

Cara mudah menampilkan kalender Hijriyah di Google Calendar

Versi terbaru untuk artikel Cara mudah menampilkan kalender Hijriyah di Google Calendar dapat dilihat di : Cara menampilkan penanggalan Hijriah di Google Calendar di Web, Android dan IOS
Untuk anda yang Muslim, maka penggunaan kalender Hijriyah merupakan salah satu keutamaan. Nah, jika anda menggunakan produk Google Calendar, tidak perlu khawatir, berikut ini adalah cara mudah untuk menampilkan kalender Hijriyah di Google Calendar anda.

Sebelumnya, jika anda masih kurang jelas apakah itu kalender Hijriyah, silakan baca artikel berikut ini. Secara pokok, perbedaan kalender Hijriyah dengan Masehi adalah pada patokan perhitungannya. Jika kalender Masehi dengan menggunakan peredaran Matahari (tentu maksudnya adalah peredaran Bumi terhadap Matahari), maka kalender Hijriyah menggunakan peredaran Bulan.

Lalu apakah Google Calendar mengenal sistem kalendar Hijriyah ? Jawabannya adalah iya. Hanya saja memang tidak akan otomatis aktif. Berikut ini adalah cara untuk mengaktifkan/menampilkan kalender Hijriyah di Google Calendar.

Silahkan login terlebih dahulu ke dalam Google Calendar. Bisa lewat tautan ini. Di bawah ini adalah tampilan dari Google Calendar.



Kemudian klik tombol setting pada bagian sebelah kanan atas. Lalu klik menu Settings.




Pada halaman Settings, pastikan anda berada pada tab General.



Pada tab general tersebut, silahkan scroll/geser ke bagian bawah sampai akhir halaman. Di sana ada sebuah item menu yang bernama Alternative calendar.



Silahkan klik pada pilihan di sebelah kanan alternative calendar tersebut. Di sana akan ada pilihan beberapa jenis kalender alternative yang dapat dipilih.  Untuk kalender Hijriyah, silahkan pilih Hijri calendar (standard, Kuwaiti atau Saudi).

Terakhir, tekan tombol Save untuk menyimpan perubahan. 


Secara otomatis anda akan kembali ke halaman utama Google Calendar. Maka tampikan Google Calendar anda akan sedikit berubah, yaitu dengan munculnya angka/tanggal lain di sebelah tanggal.



Pada contoh di atas adalah tampilan bulan Dzul Qo'dah dan Dzulhijjah. Yang bertepatan dengan bulan Agustus dan September.



Bagaimana mudah sekali bukan.

Semoga yang sedikit ini bermanfaat.
D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js
Load comments