D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js

Install KingSoft Office di Ubuntu 12.04

Di dunia Desktop Linux, setidaknya saat ini ada 2 aplikasi Office Suite yang paling banyak digunakan, yaitu OpenOffice dan LibreOffice. Selain dari ke dua aplikasi tersebut, sebenarnya ada 1 aplikasi lagi yang memang "officially" belum digunakan di desktop Linux, akan tetapi progressnya sangat bagus, yaitu KingSoft Office.

Terdengar tidak asing? Yup, benar KingSoft Office terkenal sebagai aplikasi Office Suite di Android. Monggo dicek posting saya sebelumnya. KingSoft Office for Linux saat tulisan ini ditulis, statusnya masih Alpha. Jadi belum cocok digunakan untuk produksi atau diberikan kepada user, karena sangat mungkin masih terdapat banyak bugs. Meski begitu, untuk keperluan sendiri, saya rasa tidak ada salahnya mencoba dan digunakan, sukur-sukur dapat memberikan report bugs atau bahkan memberi masukan ke team pengembangnya.

Untuk install di Ubuntu, silahkan download filenya di sini. Setelah berhasil didownload, silahkan install file tesebut dengan menjalankan perintah ini di terminal :

sudo dpkg -i <tempat file anda berada>

Contoh :

sudo dpkg -i /home/prames/Downloads/kingsoft-office_9.1.0.4184~a12p1_i386.deb

Setelah terinstall, maka akan ada 3 aplikasi office, Kingsoft Writer, Kingsoft Spreadsheet, Kingsoft Presentation.

Kesan saya pertama waktu menggunakan KingSoft Office ini adalah, weleh weleh secara tampilan sangat-sangat mirip dengan Microsoft Office terbaru. Desain yang flat, Ribbon UI, warna-warna yang soft. Dapat berjalan dengan lancar, sebanding dengan OpenOffice dan LIbreOffice.


Kingsoft Writer

Kingsoft Spreadsheet

Kingsoft Presentation




Saya belum bisa berkomentar banyak tentang fitur-fitur yang ditawarkan. Yang jelas Kingsoft Office support sangat banyak tipe file :
  • Input file formats: Support 23 kinds of files, including DOC/DOCX/TXT /XLS/XLSX/PPT/PPTX/PDF
  • Output file formats: Microsoft Word, Excel and PowerPoint 97 to 2010 formats: .doc, .docx, .txt, .xls, .xlsx, .pptx and .pdf.
Jadi anda tidak perlu kuatir file anda tidak kompatible dengan Microsoft Office.

Sumber : http://wps-community.org

NOTE :
Anda mungkin mengalami problem pada saat menjalankan Kingsoft Spreadsheet. Saya juga mengalaminya. Pada saat dijalankan, Spreadsheet hanya tampil spash screen, setelah itu crash. Jika problem itu adalah segmentation fault, maka beruntung ada solusinya.

Pesan error dmesg pada Kingsoft Spreadsheet

Kata forum, problem ini disebabkan oleh problem pada cups. Intinya, cups tidak dapat menemukan file ppa yang sesuai dengan daftar printer yang anda miliki. Biasanya printer yang file ppa nya tidak ada adalah remote printer. Solusinya adalah :
- anda tambahkan file ppa untuk semua daftar printer yang anda miliki
atau
- anda hapus printer-printer yang tidak memiliki file ppa. :D

Sumber :
http://wps-community.org/forum/viewtopic.php?f=4&t=142
https://bugs.launchpad.net/ubuntu/+source/kdeadmin/+bug/763369

Sekian dan selamat mencoba.
D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js
Load comments