D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js

Cara mudah membuat tabel di Google Blogger dengan Spreadsheet

Salah satu kekurangan editor Google Blogger adalah, tidak adanya cara mudah untuk membuat tabel. Hal ini akan sangat mengganggu karena anda mungkin sering menulis artikel yang berisi data-data dalam bentuk tabulasi.

Sebenarnya ada banyak cara yang dapat digunakan untuk membuat kode html tabel dengan mudah. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi Spreadsheet. Aplikasi yang sudah saya coba dan bisa adalah, Openoffice Calc, LibreOffice Calc dan KingSoft Spreadsheet. Saya malah belum pernah mencoba Microsoft Excel, kemungkinan besar juga bisa juga.

Caranya sangat muda, silahkan buat terlebih dahulu tabel dengan menggunakan aplikasi Office Suite tersebut. Buat sebagus mungkin, termasuk warna, border, style font dan lain-lain. Jika sudah selesai, kopi semua cell tabel dari office suite, lalu paste ke dalam Google Blogger. Dan wualaaa, tabel sudah jadi. Oya, pastikan pada saat anda paste ke dalam Google Blogger, anda berada pada mode editor visual/Compose, BUKAN mode HTML.

Dibawah ini adalah contohnya:


NamaNilai 1Nilai 2
Ani1001000
Budi1011001
Charly1021002
Dony1031003
Eggy1041004
Fifi1051005

Table di atas saya buat dengan menggunakan KingSoft SpreadSheet (lihat di sini), kemudian setelah di paste, saya modifikasi sedikit agar tabel tampak di tengah, dengan cara menambahkan style
margin-left:auto;margin-right:auto 
ke dalam style html.

Mudah bukan. Sekian dan selamat mencoba.
Dibawah ini adalah video demonya.




D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js
Load comments