D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js

Install Evernote for Desktop di Ubuntu 12.04 via Wine, running 100%

Evernote, adalah salah satu pioneer penyedia jasa cloud service yang sangat populer dan sukses. Evernote bagi saya adalah cloud service kedua setelah Dropbox yang saya gunakan untuk mendukung pekerjaan sehari-hari. Untuk mengetahui apakah Evernote, silahkan langsung menuju ke sini.

Evernote saya betul-betul saya manfaatkan untuk menyimpan artikel, catatan dan webclip sehinga sangat memudahkan saya akses darimana-mana. Desktop, web, smartphone maupun tablet. Hanya ada satu ganjalan saya waktu itu, yaitu tidak adanya official client di Linux. Memang saya tetap bisa mengakses Evernote dengan Web, akan tetapi saya kehilangan fitur offline yang sangat berguna.

Akhirnya berawal dari iseng-iseng, ternyata berhadiah. Setelah upgrade ke Ubuntu 12.04, ternyata Evernote Client untuk Windows berhasil saya install dan dapat berjadi perfect di Ubuntu. Ok, langsung saja, berikut ini cara install Evernote for Desktop di Ubuntu 12.04.

Install wine

Saya sarankan install Wine versi terbaru untuk mendapatkan hasil maksimal. Cara install wine versi 1.7 dapat dilihat di sini.

Download Evernote for Windows

Silahkan download Evernote for Windows di sini. Ingat Evernote for windows, bukan windows 8. Misalkan file tersebut anda download dan simpan di Desktop, pada saat tulisan ini saya tulis, file tersebut adalah Evernote_5.0.3.1614.exe.



Install Evernote via Wine

Klik kanan file Evernote_5.0.3.1614.exe yang berada di desktop, lalu pilih Open with > Wine Windows Program Loader. Lalu ikuti alur instalasi layaknya install di Windows.




Registrasi atau Login ke Evernote

Setelah instalasi berhasil, langkah selanjutnya adalah registrasi bagi anda yang belum memiliki account Evernto atau Login bagi yang sudah.




Proses instalasi selesai, sekarang anda bisa mengekplorasi Evernote for Desktop di Ubuntu. Di Ubuntu 12.04 dan Wine 1.7 Evernote dapat berajalan sempurna. Bahkan System Tray nya pun dapat berjalan dengan baik. Offline akses dan sync pun dapat berjalan dengan mulus. Berikut ini screenshotnya.



Evernote for Desktop yang ternyata dapat berjalan di Wine, menjadi kabar gembira bagi user Evernote di Linux yang mendambakan official Desktop Client. Sekian dan selamat mencoba.

D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js
Load comments