D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js

KeePass, aplikasi penyimpan password gratis nan handal

Di dunia maya, anda memiliki berapa banyak account ? GMail, Yahoo, Facebook, Twitter, Dropbox, BB ID, email perusahaan ? Rata-rata pengguna internet sekarang bisa memiliki puluhan account, mulai dari email, social media sampai aplikasi tertentu.

Apakah anda kesulitan untuk mengingat semua itu ? Atau mungkin sudah banyak yang lupa :D. Nah, jika anda termasuk yang sulit atau malas mengingat sekian banyak username dan password, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mempermudah semua itu.
  1. Buat username dan password yang sama untuk semua account anda :D. Dengan cara ini anda akan sangat mudah untuk mengingat. 1 untuk semua. Akan tetapi ingat, cara ini sangat tidak aman, karena begitu password anda bocor, maka semua account anda akan bisa dibobol dengan mudah.
  2. Catat semua username dan password ke dalam buku, notes atau kertas lalu masukkan ke tas/dompet dan bawa kemanapun anda pergi.
  3. Catat semua username dan password anda ke dalam aplikasi Password Manager dan amankan dengan 1 master password.
Ada banyak cara-cara lain yang mungkin dapat anda gunakan untuk mengingat atau memanage semua account anda tersebut. Yang perlu diwaspadai adalah, kebanyakan aplikasi (terutama di gadget), hanya memerlukan 1 kali proses login, oleh karena itu peluang lupa akan sangat besar. Kemungkinan lupa akan makin besar seiring dengan berjalannya waktu. 1 minggu, 1 bulan, 1 tahun dan seterusnya.

Nah, Password manager lah yang kebanyakan menjadi solusi. Intinya, password manager adalah aplikasi yang digunakan untuk menyimpan data-data account (username, password, PIN, dll)  dengan menggunakan 1 master password. Jadi anda cukup mengingat 1 password untuk membuka data anda yang lain.

Anda akan banyak menemukan aplikasi Password Manager jika anda tanya ke Mbah Google. Dari yang banyak itu, ada 1 aplikasi yang saya rekomendasikan, yaitu KeePass. Alasan saya, aplikasi ini gratis, open source dan tersedia hampir di semua device dan OS. Windows, Linux, OSx, Android, IPhone, IPad, BB, BB10 bahkan feature phone (Java J2ME).  KeePass terdiri dari versi 1 dan 2. Dua-duanya dapat anda pilih. Saya rekomendasi versi 2 karena versi 2 adalah upgrade dari versi 1 jadi otomatis seharusnya lebih baik. :D.



Untuk install KeePass di android, silahkan anda install via Google Play di sini. Fitur KeePass for Android yang menarik adalah, dapat membaca data dari cloud/remote (DropBox, Google Drive, FTP, WebDav dll). Fitur ini sangat berguna saat anda ingin sync data dari 1 device ke device yang lain.

Berikut ini beberapa screenshot nya.




Di bawah ini adalah screenshot dari KeePass yang berjalan di windows (Vista).





Dan ini di Linux (Ubuntu 12.04).







Kesimpulan.

Password Manager akan sangat mempermudah anda untuk memanage banyak account karena hanya memerlukan 1 password saja. Oleh karena 1 master password saja, maka anda harus membuat agar password itu sebaik mungkin. Buatlah master password dengan panjang lebih dari 8  karakter. Password sebaiknya terdiri atas kombinasi angka, huruf besar dan kecil. Jangan menggunakan kosakata yang umum, kata/istilah yang anda sendiri yang mengerti itu lebih baik.

Terakhir, jangan pernah anda lupa dengan master password tersebut, kanena begitu anda lupa, maka file/data anda TIDAK AKAN PERNAH bisa dibuka lagi.

Sekian dan selemat mencoba.

Sumber :




D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js
Load comments