D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js

Cara mudah untuk mengubah ukuran Virtual Harddisk (VDI) di VirtualBox

Saat ini, untuk mengubah ukuran Virtual Harddisk (VDI) di VirtualBox sudah sangat mudah untuk dilakukan, yaitu dengan menggunakan tool VBoxManage. Tools ini sudah secara otomatis terinstall bersama dengan VirtualBox. Misalkan, saya memiliki sebuah Virtual Hardisk bernama OS.vdi dengan ukuran virtual 5GB, kemudian saya ingin membesarkannya menjadi 10GB, maka perintahnya adalah:
VBoxManage modifyhd OS.vdi --resize 10000
Ukuran resize untuk perintah di atas adalah dalam MB. jadi 10000MB sama dengan 10GB. Detail peritah VBoxManager modifyhd adalah di bawah ini.


VBoxManage modifyhd         <uuid|filename>
                            [--type normal|writethrough|immutable|shareable|
                                    readonly|multiattach]
                            [--autoreset on|off]
                            [--compact]
                            [--resize <megabytes>|--resizebyte <bytes>]

Yang perlu diperhatikan adalah, perintah di atas hanya akan mengubah ukuran virtual HD, TANPA mengubah partisinya sama sekali. Jadi, jika virtual HD tersebut anda cek dari virtual machine, maka semua ukuran partisinya tidak berubah, tetapi akan ada tambahan unallocated space.


Nah, untuk menggunakan unallocated space tersebut, tentu saja anda harus mengubah ukuran partisi yang ada atau membuatnya menjadi partisi baru. Salah satu tool yang umum digunakan adalah Gparted. Untuk itu, Anda dapat menggunakan file iso distro Linux, atau iso livecd Gparted yang kemudian di"mount" ke Virtual Machine dan di setting sebagai firstboot. File ISO LiveCD Gparted tersebut dapat didownload di sini.


Oya, hampir lupa. Pada saat tulisan ini saya tulis, perintah VBoxManage modify [...] --resize ini hanya berlaku pada tipe VDI atau VHD saja. Jika virtual HD anda bertipe selain itu, maka yang harus anda lakukan terlebih dahulu adalah meng-clone-nya menjadi VDI atau VHD. Perintahnya adalah sebagai berikut :
VBoxManage clonehd [virtualhd_asal] [virtualhd_hasil] --format VDI|VHD
Contoh :
VBoxManage clonehd OS.vmdk OS.vdi --format VDI
Virtual HD hasil clone itulah kemudian yang diresize. Jika perlu, setelah berhasil diresize, anda dapat meng-clone ulang menjadi tipe awal.

Sekian tips dan trik kali ini, semoga bermanfaat. Maturnuwun.

Sumber :
https://www.virtualbox.org/manual/UserManual.html
https://www.virtualbox.org/manual/ch08.html#vboxmanage-modifyvdi
https://www.virtualbox.org/manual/ch08.html#vboxmanage-clonevdi
D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js
Load comments