D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js

Cara mudah untuk menginstall Polymer Designer di Ubuntu Linux

Menyambung tulisan sebelumnya, kali ini kita akan mencoba menginstall Polymer Designer masih tetap di lingkungan Ubuntu Linux.

Sebelumnya, apakah Polymer Designer itu ? Jika anda sudah melihat video Google I/O pada bagian demo Polymer, maka anda akan melihat bahwa mereka menggunakan sebuat tool yang digunakan untuk mendesign custom element atau template untuk digunakan di dalam suatu project atau didistribusikan ke komunitas dengan sangat mudah. Tool itulah yang disebut Polymer Designer. Fungsi utamanya adalah untuk mendesign custom element dengan mudah, bahkan drag dan drop.

Polymer Designer menurut para pengembangnya, saat ini masih dalam tahap beta test, sehingga kemungkinan terjadi perubahan atau problem masih cukup besar. Proses installnya sendiri tidak terlalu rumit. Yang paling penting adalah melengkapi paket-paket aplikasi yang diperlukan. Paket-paket tersebut adalah sebagai berikut :

  • git
  • node.js dan npm
  • bower
  • web browser (rekomendasinya adalah Google Chrome dan Firefox terbaru)
Cata menginstall git, node.js, npm dan bowser dapat anda lihat pada artikel sebelumnya di sini.

Untuk menginstall Polymer Designer, langkah pertamanya adalah, mendownload file project Polymer Designer, baik langsung via git maupun dalam bentuk zip. Saya pribadi lebih cenderung cara pertama yaitu dengan git. 

Mendownload Polymer Designer via git

Pertama, masuklah ke dalam folder yang nantinya akan digunakan untuk menyimpan folder Polymer Designer, misalkan pada /home/prames/Documents/
cd /home/prames/Documents
Clone Polymer Designer dari  https://github.com/Polymer/designer.git
git clone -v https://github.com/Polymer/designer.git polymer_designer

Sekali lagi, Polymer designer masih dalam tahap pengembangan, jadi pastikan hanya menggunakan versi yang stabil, dalam hal ini ditandai dengan tag tertentu.
cd polymer_designergit tag

Pilih tag yang paling baru, misalnya versi 0.3.3
git checkout 0.3.3

Perintah di atas secara sederhana artinya adalah, kita akan "mengambil" atau menggunakan Polymer Designer versi 0.3.3 dari repo yang ada. Pada saat anda menjalankan perintah checkout, akan muncul tulisan yang banyak seperti gambar di atas, saat ini abaikan saja, karena pesan itu bukan pesan error, melainkan warning saja.

Sampai di sini, Polymer Designer siap untuk diproses lebih lanjut.

Mendownload Polymer Designer dalam bentuk zip

Jika anda masih bingung dengan git, atau lebih suka menggunakan zip, maka caranya adalah sebagai berikut. Silahkan jalankan browser anda menuju ke https://github.com/Polymer/designer. Klik pada bagian branch, lalu pilih tags. Pilih/klik tag terbaru misalnya 0.3.3, lalu tunggu proses loading selesai. 


Setelah github selesai meloading tags yang anda pilih, klik tombol Download ZIP dibagian kanan bawah, untuk mendownload file zip Polymer Designer sesuai dengan tag versi yang anda pilih. Simpanlah zip tersebut di tempat yang anda inginkan, kemudian extract. Kemudian rename folder hasil extract tersebut jika perlu, misalkan menjadi polymer_designer.


Download Library-library Polymer Designer

Setelah anda selesai mendownload file Polymer Designer baik via git maupun zip, langkah selanjutnya adalah mendownload library-library yang diperlukan Polymer Designer. Perintahnya adalah:
bower install
Perintah di atas (TANPA PERLU sudo), memerintahkan agar bower package manager untuk membaca file bower.json, kemudian mendownload library-library yang diperlukan. Prosesnya akan memerlukan waktu beberapa saat, tunggulah dengan sabar dan berdoa agar semuanya berjalan tanpa masalah.


Setelah download library selesai, kemudian jalankan python simple http server.
python -m SimpleHTTPServer
Jika terjadi error port already used, maka ulangi perintah di atas dengan menentukan nilai PORT nya.
python -m SimpleHTTPServer NOMOR_PORT
Kemudian jalankan browser menuju ke http://localhost:8000. Sesuaikan nomor port jika perlu. Jika semuanya berjalan lancar, maka di bawah ini adalah tampilan dari Polymer Designer.


Selesai.

Sampai di sini, maka Polymer Designer telah siap untuk digunakan. Mudah-mudahan pada artikel selanjutnya saya dapat menuliskan pengalam dalam menggunakan Polymer Designer dengan lebih lengkap.

Sekian, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js
Load comments