D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js

Cara mudah berbagi/berkirim file antar device Android, IOS, BlackBerry, Windows Phone, Symbian, Mac, Linux dan Windows

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk berbagi file dari satu device ke device yang lain, mulai dari yang paling mudah dan sederhana, sampai yang paling sulit bin rumit. Hanya tinggal memilih manakah yang paling sesuai dengan kebutuhan anda.

Jika anda hanya ingin berbagi file secara nirkabel, keamanan data tidak penting dan tidak rumit, maka hal yang paling sering dilakukan adalah dengan Bluetooth atau jika jaman dulu dengan InfraRed. Namum seiring dengan berjalannya waktu, bluetooth saat ini dirasa tidak cukup karena terlalu lambat. Nah, alternatif lainnya adalah dengan menggunakan Wifi yang tentu saja sangat cepat dikarenakan kecepatan tansfernya jauh di atas bluetooth. Aplikasi berbagi filepun ada banyak macam. Salah satu yang saya rekomendasikan adalah Dukto.

duktoDengan Dukto, anda bisa melakukan transfer file dengan sangat cepat (wifi), mudah dan bisa ke dan dari banyak sistem, mulai dari Android, IOS, Windows Phone, Symbian, Linux, Windows dan Mac. Berikut yang harus dilakukan untuk dapat berbagi file dengan Dukto.

Download dan install Dukto, dipilih-pilih yang sesuai dengan sistem yang anda gunakan. Dukto ini harus diinstall pada setiap device yang akan berbagi file. Termasuk device teman-teman anda.

Linux: Software Opensuse
Mac: Googlecode
Windows: Dukto Googlecode
Android: Google Play
Blackberry: Blackberry Appworld
Symbian : Ovi Store
ITunes : Apple iTunes
Windows Phone : Microsoft
Inilah screenshot beberapa tampilan Dukto.

Dukto di Android
Dukto di Android

Dukto di Windows
Dukto di Windows

Dukto di Ipad
Dukto di iPad

Pada setting Dukto, silahkan tentukan dimanakan file yang diterima akan di simpan, ataukan dibiarkan saja default. Selain itu, anda juga dapat mengganti theme dan juga nama device/dukto agar mudah dikenali di device yang lain. Oh ya, akan tetapi anda tidak dapat mengganti nama dukto di Windows dan Linux.

Setting Dukto

Sekarang adalah bagian yang paling penting. Agar Duktor dapat bekerja, maka semua device harus terkoneksi dalam 1 jaringan. Hal ini dapat dipenuhi dengan cara :
  1. Lakukan tethering pada salah satu device, lalu device yang lain konek ke sana. Jika device anda adalah Android, maka saya asumsikan anda sudah familiar dengan istilah tethering. Cara ini yang menurut saya paling mudah dan praktis.

    Dukto_2
  2. Semua device terkoneksi pada suatu jaringan wifi pihak ketiga, misalnya jaringan wifi perusahaan, kantor atau umum.
  3. Jika device yang anda gunakan adalah PC atau Netobook atau sejenisnya, maka anda dapat berkoneksi dengan menggunakan kabel LAN. Agar mudah, pastikan semua device berada pada 1 subnet/jaringan.
  4. Kombinasi dari semua di atas.

    Dukto_1
Jika semua sudah siap, maka jalankan Dukto di semua device anda dan teman-teman anda. Dukto kemudian akan secara otomatis menampilkan semua device yang terkoneksi dan menggunakan Dukto. Pada screenshot di bawah ini adalah contoh yang saya lakukan. Saya mencoba mengkoneksikan 3 device, Tablet Android, Notebook dan IPad. Tampilan Dukto ini adalah pada Tablet Android saya.

Screenshot_2015-01-22-09-04-30

Untuk mengirim file, cukup klik nama device yang ada inginkan dari daftar, kemudian pilih apa yang ingin anda kirimkan, apakah tulisan/text atau file atau folder.

Screenshot_2015-01-22-08-55-55

Jika anda memilih file atau folder, maka kemudian pilih/centang semua file atau folder yang ingin dikirim. Tekan tombol panah/segitiga dibagian kanan untuk mulai mengirim.

Screenshot_2015-01-22-08-57-53

Dalam sekejap mata atau dalam hitungan detik atau menit, maka file akan sampai di tujuan, tergantung ukuran filenya. Yang jelas kecepatannya jauh sangat cepat jika dibandingkan dengan Bluetooth. Silahkan anda coba dan buktikan sendiri.

Kesimpulan.

Dukto adalah salah alternatif aplikasi berbagi file yang sangat sederhana, mudah, cepat dan lintas platform. Sangat cocok untuk lingkunan kecil dimana jenis device beragam dan keamanan tidak penting.

Ingat, Dukto benar-benar hanya fokus kepada kemudahan dan kecepatan dengan mengabaikan segi keamanan. Siapapun dapat mengirimkan apapun ke device anda, tanpa perlu minta ijin. Jadi pastikan anda menggunakan Dukto pada lingkunan yang anda percayai. Dan segera matikan Dukto jika sudah selesai.

Sekian review aplikasi kali ini, selamat mencoba dan semoga yang sedikit ini bermanfaat.
D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js
Load comments