D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js

Cara mudah mengaktifkan App Launcher Experimental Google Chrome

Google Chrome dari waktu ke waktu terus berkembang, termasuk dengan mempercantik tampilan App Lauchernya. App Launcher kalau boleh saya bilang adalah seperti tombol start menu di Windows atau App Drawer di Android, yang pada awalnya hanya ada di Chrome OS. Selang beberapa lama kemudian, Google akhirnya menghadirkan fitur ini ke Browser Google Chrome.

Tampilan App Launcher tersebut pada saat tulisan ini saya tulis, tampak seperti gambar di bawah ini.



Ternyata Google telah melakukan eksperimen untuk mempercantik tampilan App Launcher tersebut. Dan karena eksperimen, maka tentu saja belum bisa dinikmati oleh pengguna. Akan tetapi jika anda penasaran dan ngotot untuk mencoba, maka berikut ini adalah caranya.

Pertama, pastikan anda menggunakan Browser Google Chromer versi terbaru. Saya sendiri pada saat penulisan ini, menggunakan Google Chrome versi 40.0.2214.38 Beta. Jalankan Browser Google Chrome anda, lalu tuliskan chrome://flags pada address bar. Maka akan muncul page seperti gambar di bawah ini.



Kemudian carilah pada page tersebut kata/kalimat ini experimental App Launcher. Tools search dapat anda munculkan dengan menggunakan shortcut Ctrl+F atau klik menu > Find.


Setelah anda menemukan fitur tersebut, maka akan terlihat di sana bawah fitur tersebut masih non-aktif. Dan untuk mengaktifkannya, anda cukup meng-klik tulisan Enable.


Lalu klik tombol Relaunch Now untuk merestart Google Chrome.


Setelah Google Chrome selesai di restart, silahkan anda coba munculkan App Launcher lagi. Jika semua lancar, maka tampilan App Launcher akan berubah seperti gambar di bawah ini.



Bagimana, tampak lebih cakep atau lebih kusut ?

Sekian tip dan trik kali ini, selamat mencoba, semoga yang sedikit ini bermanfaat.
D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js
Load comments