D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js

Kini, sangat mudah meng-attach link file Dropbox ke dalam GMail

Bagi anda pengguna Browser Google Chrome, pelanggan Dropbox dan GMail, kini akan semakin mudah dan menyenangkan dalam menggunakan ketiga-tiganya. Apa pasal ? Adalah Dropbox yang telah meluncurkan sebuah ekstensi browser Google Chrome untuk mempermudah dalam meng-attach link file yang ada di Dropbox ke dalam GMail. Jadi, jika sebelumnya anda harus meng-copy paste link file Dropbox, maka kini hanya perlu 1 atau 2 klik saja.

Bagi anda yang belum mengenal Dropbox, secara singkat Dropbox adalah sebuah perusahaan penyedia jasa cloud storage baik secara gratis maupun berbayar, yang menawarkan kemudahan, keamanan dan kecepatan akses. Rekan sejawat Dropbox adalah Google Drive, Mega, Box, OneDrive dan lain-lain.

Untuk mulai menggunakan ekstensi Dropbox ini, silahkan jalankan Browser Google Chrome anda, kemudian install ekstensi tersebut pada link ini.



Setelah instalasi berhasil, maka jangan kaget jika tidak muncul icon apa-apa, karena ekstensi ini hanya akan muncul jika anda membuka page compose gmail anda. Oleh karena itu, silahkan buka alamat gmail anda, kemudian klik tombol compose.


Jika pada halaman compose gmail anda muncul "sesuatu" seperti gambar di atas, maka artinya ekstensi Dropbox sudah berhasil terinstall. Klik tombol bergambar icon Dropbox tersebut untuk meng-attach link file dari Dropbox anda.

Jika anda belum login ke dalam Dropbox, maka akan muncul kotak dialog untuk Signin ke dalam Dropbox. Ikuti saja langkah-langkahnya sampai selesai.


Jika anda belum mempunyai account Dropbox, jangan kuatir pada kotak dialog tersebut juga terdapat tombol/link untuk membuat account baru.



Setelah anda berhasil Signin ke dalam Dropbox, maka daftar file dan folder Dropbox anda akan muncul. Silahkan pilih file yang ingin anda share, kemudian tekan tombol insert link.

NOTE : Pada saat tulisan ini ditulis, anda hanya dapat memilih file satu-persatu, dan TIDAK dapat memilih folder.




Silahkan pilih file sebanyak yang anda mau. Hasil akhirnya seperti tampak pada gambar di bawah ini.


Tekan Send untuk mengirim email.

Dan beginilah tampilan link file Dropbox pada email tujuan anda.


Bagaimana, simple dan mudah sekali bukan.

Sekian, selamat mencoba dan semoga yang sedikit ini bermanfaat.
D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js
Load comments