D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js

Cara mudah menghemat quota/data ketika Browsing dengan Google Chrome

Chrome’s Data Saver adalah sebuah fitur di dalam Browser Google Chrome yang ditujukan untuk mengurangi penggunaan data (baca:quota internet) selama berselancar di dunia maya. Terdengar tidak asing ? Yups, hal ini mirip atau bahkan sama dengan apa yang dilakukan oleh Opera dengan Opera Min maupun Opera Turbo, jauh jauh hari sebelumnya.

Jika sebelumnya fitur Chrome's Data Saver ini hanya di release untuk browser Chrome for Android, maka saat ini sudah dapat dinikmati oleh pengguna IOS, Chromebooks maupun komputer. Nah, berikut ini adalah cara untuk mengaktifkan Chrome's data saver di komputer.

Sebelum mulai, tentu saja anda harus sudah menginstall browser Google Chrome. Ada baiknya update terlebih dahulu jika memungkinkan. Selanjutnya, silahkan install ekstensi Data Saver dari sini.




Setelah Data Saver berhasil diinstall, maka akan secara otomasi Data Saver akan aktif dengan akan muncul icon seperti gambar di bawah ini.

 Klik icon tersebut untuk melihat status dari Data Saver.



Pada gambar di atas, tampak Data Saver telah menghemat data sebanyak 20.3%, hmm lumayan.

Kesimpulan :

Fitur ini sangat berguna bagi anda yang sehari-hari banyak melakukan aktifitas browsing, termasuk membaca berita, social media, baca komik/manga. Dengan catatan sebagai berikut :

  • Data saver tidak bisa melakukan pengurangan data jika anda mengakses web via https.
    Hal ini tentu saja wajar karena dengan https maka traffic data telah dienkripsi sehingga tidak bisa dibaca apalagi direduksi.
  • Data saver tidak akan bekerja jika anda browsing dengan menggunakan fitur incognito.


Sekian review kali ini, selamat mencoba dan semoga yang sedikit ini bermanfaat.

Sumber :
support.google.com
D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js
Load comments