D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js

Cara lain nan mudah untuk menjalankan aplikasi Android di PC (WhatsApp 99% working !!!)

Google tampaknya 1 langkah makin dekat untuk "menyatukan" ChromeOS dengan Android. Hal ini dibuktikan dengan merelease App Runtime for Chrome (Beta) atau ARC. ARC bolehlah dibilang adalah sejenis library yang memungkinkan aplikasi-aplikasi Android untuk dapat dijalankan di Chrome OS. Dan dikarenakan Chrome OS itu komponen utamanya adalah Browser Google Chrome, maka ada kemungkinan besar bahwa aplikasi-aplikasi Android kelak dapat juga diinstall di Browser Google Chrome.

Dan ternyata benar. Jika dahulu ARC hanya bisa dijalankan di ChromeOS, maka sekarang ARC sudah dapat dijalankan di PC. Pada dokumentasinya, disebutkan bahwa untuk dapat menjalankan ARC ini, yang dibutuhkan adalah :
  • File APK dari aplikasi
  • PC baik itu (Mac, Linux, maupun Chromebook), dengan Chrome versi 40+ 
  • Aplikasi ARC Welder
Pada saat tulisan ini saya tulis, disana tidak tertera Windows, dan saya masih belum sempat mencobanya. Jadi saya belum tahu pasti apakah ARC juga dapat berfungsi di Windows.

OK, langsung saja. Berikut ini langkah-langkah untuk menjalankan aplikasi Android di PC dengan menggunakan ARC.

File apk

File apk dapat diperoleh dengan berbagai macam cara. Paling mudah adalah dengan mambackup langsung dari device anda. Cara lainnya adalah dengan mendownload dari situs-situs penyedia file apk. 

Browser Google Chrome versi 40+

Jika perlu silahkan update Chrome anda, pastikan versinya adalah 40+. Jika tidak ada versi stabil, maka anda bisa mencoba versi beta. Pada saat melakukan test ini, saya mengunakan Chrome versi  42.0.2311.60 beta, dengan OS Ubuntu 14.04. 

Ekstensi ARC Welder

Ekstensi ini dapat diinstall via Chrome Web Store di sini. Silahkan anda install dan tunggu proses downloadnya dengan sabar. Ukuran file ekstensi ini termasuk sangat besar. Jika tidak salah, mencapai lebih dari 100 MB. Jadi pastikan quota internet anda cukup. Betul di sana hanta tertera 11 sekian MB, akan tetapi kenyatannya lebih dari itu.

Install aplikasi Android di PC dengan ARC Welder


Install file APK dengan ARC Welder

Jalankan ARC Welder dari list Web Apps. Pada saat pertama kali dijalankan, maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

Install aplikasi Android di PC dengan ARC Welder

Klik tombol Choose kemudian browse ke folder tertentu. Anggap saja, folder ini adalah folder temporary untuk ARC yang akan digunakan untuk melakukan segala aktifitas. Tekan Open untuk selesai memilih folder.

Install aplikasi Android di PC dengan ARC Welder


Dan di bawah inilah tampilan utama dari ARC Welder. 

Install aplikasi Android di PC dengan ARC Welder


Tekan tombol + Add your APK, kemudian browse untuk memilih file apk yang akan diinstall. Kemudian tekan Open.

Install aplikasi Android di PC dengan ARC Welder

NOTE:
Karena ada kebutuhan, untuk test ini, saya iseng-iseng mencoba file apk dari WhatsApp.

Kenapa saya memilih mencoba menginstall WhatsApp padahal saat ini sudah ada WhatsApp for Web? Dikarenakan pada saat tulisan ini saya tulis, Tablet Android yang biasa saya gunakan kebetulan sedang opname di Samsung Service Centre, sehingga saya tidak bisa menggunakan WhatsApp for Web. Seperti yang anda ketahui, WhatsApp for web mensyaratkan device Android anda musti terkoneksi ke internet. Jadi seandainya ini berhasil, kan lumayan saya bisa kembali menggunakan WhatsApp untuk bekerja.

Tunggulah proses selama beberapa saat, hingga muncul setting seperti di bawah ini.

Install aplikasi Android di PC dengan ARC Welder

Silahkan ubah setting aplikasi yang anda mau. Untuk contoh di atas, saya ingin WhatsApp terinstall dalam format Tablet Landscape. Tekan Launch App untuk memulai proses install dan running aplikasi. Jangan lupa berdoa agar semua berjalan lancar.

Jika aplikasi berhasil diinstall, maka akan muncul di dalam daftar Chrome Apps.

Install aplikasi Android di PC dengan ARC Welder


Dan alhamdulillah, WhatsApp berhasil diinstall dan dapat berjalan hapir sempurna. Di bawah ini adalah buktinya.

Install aplikasi Android di PC dengan ARC Welder


Khusus untuk WhatsApp, saat saya coba, terjadi fail pada proses verifikas no HP. Jika anda mengalami problem seperti itu, jangan kuatir, proses verifikasi masih tetap dapat dijalankan via call

Problem lain adalah, hilangnya kontak. Meski anda berhasil menginstall WhatsApp, mungkin anda akan sediki kecewa karena tidak ada kontak yang tertera, alias kosong. Yang ada hanyalah daftar group yang anda join. Hal ini wajar, karena WhatsApp musti membaca data kontak dari device, sedang sekarang ada di Web. Solusinya adalah, mintalah teman anda untuk memulai chats. sehingga tertera di halaman chat. Sedangkan untuk group tidak ada masalah.

Kesimpulan.

Secara umum, ARC meskipun masih beta, sudah menunjukkan hasil yang fantastis. Speed aplikasi memang lebih lambat, tetapi masih tetap dalam batas dapat diterima. Selanjutnya silahkan anda coba install aplikasi-aplikasi Android yang lain, siapa tahu aplikasi favorit anda dapat terinstall semuanya.

Sekian tip dan trik kali ini, selamat mencoba dan semoga yang sedikit ini bermanfaat.

TAMBAHAN :
Bagiamana dengan BBM ? Sayang sekali masih tidak bisa alias crash.

D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js
Load comments