D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js

Xiaomi Redmi 2, Review Singkat Smartphone murah yang tidak murahan

Xiaomi Redmi 2 ini adalah penerus dari generasi sebelumnya, dan telah dirilis tahun 2015 ini atau kira-kira sekitar bulan April 2015 lalu. Dan meski agak sedikit terlambat, akhirnya saya dapat mencoba smartphone ini. Dan berikut ini rangkumannya.

Bentuk/dimensi

Xiaomi Redmi 2, seperti generasi sebelumnya secara bentuk terlihat sangat simple dan elegan, layaknya smartphone kelas premium berbahan plastik. Sekilas bentuknya banyak yang mengatakan mirip dengan iPhone, dan saya hmmm.. setuju.

Review dan spesifikasi Xiaomi Redmi 2, hp murah dengan kualitas bagus
Sumber : www.mi.com

Dengan dimensi 134 x 67.2 x 9.4 mm dan  berat hanya 133g membuat Redmi 2 ini terasa pas di telapak tangan. Tidak terlalu kecil atau besar. Tidak membuat pegal linu jika dipegang lama untuk menulis artikel.

Review dan spesifikasi Xiaomi Redmi 2, hp murah dengan kualitas bagus
Sumber : www.mi.com

Processor/RAM

Redmi 2 tampaknya dibuat dengan teknologi terbaru saat itu, yaitu prosesor Qualcomm Snapdragon 410 MSM8916 1.2-GHz 64 bit !!! Menurut saya pribadi ini kejutan. Disaat vendor-vendor Android lain sekelas Samsung telat mengadopsi teknologi 64bit, Xiaomi melakukan jumpstart yang sangat mengagumkan. Dikombinasikan dengan RAM 1GB/2GB, tidak heran membuat si Redmi 2 ini berlari sangat kencang. 

Display

Display 4.7 inch dengan resolusi 1280x720 312 ppi menjamin tampilan gambar yang cerah, jernih dan detail. Ditambah teknologi Gorilla Glass 2, menjadi perlindungan tambahan agar display tidak mudah tergores. Tentu saja sampai dengan batas-batas tertentu. Jadi, menambahkan screenguard tetap menjadi rekomendasi.

Kamera

Untuk yang hobi fotografi dan selfie, Redmi 2 dilengkapi kamera belakang 8 MP dan 2 MP kamera depan. Tidak terlalu besar memang, akan tetapi menurut kebanyakan, hal ini sudah lebih dari cukup untuk menghasilkan kualitas gambar yang bagus.

Internal Memory

Bagaimana dengan internal memory ? Menurut informasi, Redmi 2 ini hadir dengan 2 varian, 8 GB dan 16 GB. Akan tetapi yang tertulis di situs resminya hanya yang 8 GB. 8 GB terlalu kecil ? Jangan kuatir, tersedia slot microsd sampai dengan kapasitas 32GB. Kehadiran microsd ini sangat menggembirakan, pasalnya Xiaomi tampaknya akan menghilangkan slot microsd pada generasi selanjutnya dikarenakan masalah performa microsd yang cenderung buruk. Sedangkan kita saat ini sering membutuhkan space yang sangat besar demi untuk menampung semua koleksi foto, film dan musik. 

Mobile Network

Oh ya. Satu lagi yang hampir lupa. Redmi 2 support dual sim 4G LTE. Wow !!! Kejutan yang lain lagi rupanya. Tidak semua vendor berani menyertakan teknologi 4G pada smartphone yang bukan termasuk kategori premium. Lihatlah Apple, Samsung, atau Sony. Mereka hanya menyertakan teknologi 4G pada smartphone premium mereka saja. Setidaknya sampai saat tulisa ini saya tulis.

Memang saat ini, di negara kita tercinta, 4G hanya ada di kota-kota besar saja, dengan kata lain masih sangat sangat belum merata. Tetapi anggap saja ini investasi yang jika saatnya sudah tiba, maka smartphone anda sudah siap.

Berikut ini adalah tabel lengkap spesifikasi dari Xiaomi Redmi 2.

SOFTWARE
OSAndroid 4.4.4
CHIPSET
ProcessorQualcomm Snapdragon 410 MSM8916 1.2-GHz
64 Bit
ARM Cortex-A53
ChipsetQualcomm Snapdragon 410
GPUAdreno 306
RAM1GB/2GB
Internal Memory8 GB/16 GB
DISPLAY
Ukuran Layar4.7 inch
Resolusi1280 x 720
Kerapatan Pixel312 PPI
Jenis LayarTFT LCD
TouchscreenCapasitive
JARINGAN DAN KONEKTIFITAS NIRKABEL
2GGSM (900/1800 MHz)
3GWCDMA
- Band 1 (2100 MHz)
- Band 8 (900 MHz)
4GFDD-LTE
- Band 3 (1800 MHz)
TDD-LTE
- Band 40 (2300MHz)
Wifi802.11 b/g/n wireless
NFCNo
Infra RedNo
BluetoothYes
KAMERA
Kamera depan2 MP
Kamera belakang8 MP
FlashYes
Auto FocusYes
FISIK
Dimensi134 x 67.2 x 9.4 mm
Berat113 g
KONEKTOR
Earjack3.5mm
External Memory SlotMicroSD (up to 32GB)
SIM CardMicroSIM
KonektormicroUSB v2.0, USB Host, USB OTG
BATERAI
Baterai2200 mAh
Quick charge 1.0 Technology
LAIN-LAIN


Dan di bawah ini adalah foto-foto seputar unboxing Xiaomi Redmi 2

Review dan spesifikasi Xiaomi Redmi 2, hp murah dengan kualitas bagus
Package Xiaomi RedMi 2
Review dan spesifikasi Xiaomi Redmi 2, hp murah dengan kualitas bagus
Antar muka MUI 6

Review dan spesifikasi Xiaomi Redmi 2, hp murah dengan kualitas bagus
Notification/Setting Centre

Kesimpulan.

Xiaomi RedMi 2 kalau menurut saya pribadi ditujukan untuk segmen midle end, dengan kualitas kelas premium. Dengan harga kurang dari 2 juta (Pada saat tulisa ini saya tulis, berharga 1,5 jt sekian),  Xiaomi RedMi 2 jelas berkualitas sangat bagus. Saya pribadi sangat puas dengan kombinasi harga dan spesifikasinya. Jadi, jika anda mencari smartphone murah dengan kualitas premium, maka Xiaomi RedMi 2 adalah salah satu yang harus anda pertimbangkan.

Sumber : 
D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js
Load comments