D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js

Google merelease fitur UNDO SEND di GMail, begini cara mengaktifkannya

Banyak pengguna yang tidak  menyadari jika GMail sebenarnya memiliki fitur tersembunyi (baca : eksperimental) yang memungkinkan pengguna untuk meng-undo email yang telah terkirim selama rentang waktu tertentu. Jadi, misalkan anda mengirimkan email ke seseorang, setelah anda tekan tombol send, tiba-tiba anda ingat telah salah menuliskan judul atau email yang dituju. Nah dengan fitur ini maka email yang sudah terkirim tersebut bisa anda dibatalkan atau di tarik kembali untuk kemudian dimodifikasi. Jika anda menggunakan BBM, maka fitur ini mirip dengan fitur Retract Messege.

Fitur ini memang banyak yang tidak mengetahui, dikarenakan selama ini fitur ini memang masih berstatus eksperimental, sehingga user musti mengaktifkannya secara manual. Nah beberapa hari yang lalu setelah sekian lama, Google akhirnya "meluluskan" fitur ini, yang artinya telah stabil dan siap digunakan. Memang secara default fitur ini tidak aktif, sehingga user musti mengaktifkannya. Jangan kuatir caranya sangat mudah.

Pada saat tulisan ini saya tulis, satu-satunya cara untuk mengaktifkan fitur ini adalah anda harus mengakses web gmail. Jadi silahkan buka browser kesayangan anda, kemudian buka dan login ke dalam gmail anda. Klik menu setting pada bagian kanan.

Aktifkan Google UNDO SEND di GMail

Pada halaman setting, pastikan anda berapa pada page General. Cari setting yang bernama Undo Send. Klik/cek Enable Undo Send untuk mengaktifkan fitur Undo Send. Kemudian pilih rentang waktu tunggunya, bisa 5 detik, 10 detik dan seterusnya. Maksudnya adalah, dalam rentang waktu tersebutlah anda bisa melakukan undo send. Misalkan anda setting 5 detik, artinya setelah anda menekan tombol send, maka selama 5 detik kemudian anda masih punya kesempatan untuk melakukan undo send. Setelah itu tidak bisa lagi.

Aktifkan Google UNDO SEND di GMail

Simpan perubahan setting tersebut dengan cara menekan tombol Save Changes pada bagian bawah. Kalukan scroll page jika perlu, karena tombol tersebut berapa jauh di bawah bawah.

Aktifkan Google UNDO SEND di GMail


OK, dengan ini maka fitur Undo Send gmail anda telah aktif. Silahkan anda coba.

Gambar di bawah ini adalah tampilan fitur Undo Send jika anda mengirim email dengan menggunakan web Gmail. Setelah anda menekan tombol Send, maka pada bagian atas akan  muncul notifikasi bawah email telah terkirim, dan disana juga tertera tombol Undo untuk melakukan Undo Send.

Aktifkan Google UNDO SEND di GMail

Sedangkan gambar di bawah ini adalah contoh tampilan fitur Undo Send pada saat mengirimkan email dengan menggunakan Google Inbox. Setalah menekan tombol send, maka pada pojok kiri bawah akan muncul pesan bahwa email telah terkirim, dan pada bagian kirinya ada tombol UNDO untuk melakukan Undo Send.

Aktifkan Google UNDO SEND di GMail


Jika tombol UNDO tesebut di tekan, maka email akan dibawalkan dan kembali muncul dalam form compose yang dapat dimodifikasi.


Sekian sekilas info. Selamat mencoba dan semua yang sedikit ini bermanfaat.
D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js
Load comments