D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js

7 alasan kenapa Telegram lebih baik dibanding Whatsapp

Apakah Telegram itu ? Telegram adalah sebuah aplikasi berbagi pesan/messenger gratis yang dibuat oleh Durov bersaudara, yang berfokus kepada kesederhanaan, kecepatan, keamaan dan privasi. Telegram secara tampilan dan metode aktivasi sangat mirip dengan Whatsapp, yaitu dengan menggunakan nomor telepon.


Meskipun secara jumlah pengguna Whatsapp saat ini lebih unggul, akan tetapi saya pribadi merasa itu hanya karena masalah promosi. Apalagi saat ini Whatsapp telah dibeli Facebook tentu saja punya sarana dan kesempatan yang lebih besar. Padahal dilihat dari fitur, Telegram memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan Whatsapp terutama seputar privasi dan keamaan.

Berikut ini 7 alasan diantaranya yang membuat Telegram lebih baik dan layak dipilih jika dibandingkan dengan khususnya Whatsapp dan aplikasi-aplikasi messenger lainnya pada umumnya.

1. Super cepat dan ringan

Jika dibandingkan dengan Whatsapp dan aplikasi-aplikasi sejenis lainnya, Telegram tempak lebih cepat, ringan dan responsif. Mungkin hal ini secara teknis disebabkan jenis protokol yang dia digunakan.

2. Keamaan dan privasi lebih terjamin

Empunya Telegram pada saat tulisan ini saya tulis, telah membuat 2 kali sayembara untuk siapa saja yang berhasil menghack atau mendekrip pesan di jaringan Telegram akan mendapatkan reward yang sangat besar. Pada sayembara yang pertama adalah $200.000 dan yang terakhir adalah $300.000. Dan sampai akhir waktu, tidak ada yang berhasil membobol Telegram.

Meskipun Telegram menggunakan penyimpanan awan/cloud based, akan tetapi data yang tersimpan tetap dalam keadaan terenkripsi. Bahkan pihak Telegram pun tidak bisa membacanya. Artinya semua pesan, gambar dan informasi yang anda masukkan ke dalam Telegram tetap 100% pesan punya anda sendiri. Tidak ada pihak lain termasuk Telegram yang dapat melihat atau memanfaatkannya untuk hal-hal lain.

Bandingkan dengan Whatsapp. Setelah Whatsapp dibeli Facebook, maka makin banyak yang khawatir informasi/pesan-pesan di Whatsapp akan digunakan Facebook untuk hal-hal lain.

3. Percakapan rahasia/secret talk

Ini adalah fitur yang sebenarnya wajib untuk para pengguna messenger, percakapan rahasia. Secara teknis, secret talk ini dilakukan secara peer-to-peer atau langsung antar device tanpa menggunakan perantaraan server. Artinya data hanya ada di device anda dan device teman chat anda.

Selain itu secret chat juga dapat diatur agar dapat melakukan self desctruc atau otomatis delete pesan dalam waktu atau sampai kondisi tertentu. Misalkan setelah pesan dibaca, maka akan otomatis terhapus di device anda dan device teman chat anda. Ini sangat cocok misalkan pada saat anda ingin memberitahu nomor sekening atau password atau informasi rahasia kepada teman anda tanpa khawatir meninggalkan jejak.

4. 100% gratis tanpa iklan

Telegram sampai saat tulisan ini saya tulis masih berkomitmen untuk benar-benar 100% gratis dan tanpa memunculkan iklan sama sekali. Sebagai perbandingan, lihatlah BBM yang memunculkan iklan.

5. Multiple platform

Ini dia fitur yang paling saya suka, multiple platform. Telegram terdapat di banyak platform, Web, Android, iOS, Windows, Linux, Mac, Symbian.  Dan karena menggunakan cloud, maka semuanya tersinkronisasi satu dengan yang lain. Mirip dengan Google Hangout. Multiplatform tentu sangat berguna dan dibutuhkan untuk anda yang tidak menggunakan 1 device dalam beraktifitas.

Telegram dapat di download di sini :

Desktop (Linux, Windows, Mac)
Android
iOS/iPhone/iPad
Windows Phone
Web

6. Support lebih banyak tipe file

Whatsapp sampai saat ini hanya support berkirim file yang bertipe gambar, video, audio, kontak person dan lokasi. Sedangkan Telegram, selain file-file tersebut jika mensupport file-file biner yang lain, misalkan file zip, pdf, tar.bz dan lain-lain. Boleh dibilang semua jenis file.

Dan ukuran file yang dapat dikirimpun tidak main-main, maksimum 1.5 GB. Kini berkirim file ISO atau DVD tidak perlu lagi di potong-potong.

7. Group dengan anggota lebih banyak

Saat ini jumlah anggota group dalam Telegram adalah 200 orang/anggota. Bandingkan dengan Whatsapp yang hanya 100 anggota. 


Screenshot

Di bawah ini adalah beberapa screenshot Telegram di beberapa platform.

Apa itu Telegram, kenapa Telegram lebih baik dibanding Whatsapp atau messenger lainnya
Telegram di Web

Apa itu Telegram, kenapa Telegram lebih baik dibanding Whatsapp atau messenger lainnya
Telegram di Linux/Ubuntu

Apa itu Telegram, kenapa Telegram lebih baik dibanding Whatsapp atau messenger lainnya
Telegram di Android

Apa itu Telegram, kenapa Telegram lebih baik dibanding Whatsapp atau messenger lainnya
Telegram di Mac OSX

Apa itu Telegram, kenapa Telegram lebih baik dibanding Whatsapp atau messenger lainnya
Telegram di Windows Phone

Kesimpulan


Saya menulis ini tidak dalam rangka mempromosikan Telegram, akan tetapi hanya sekedar mereview keunggulan Telegram yang sebenarnya sangat diperlukan saat ini. Saat isu privasi dan keamaan menjadi kebutuhan utama. Disaat informasi pribadi menjadi ajang jual beli, tentu pengguna awam seperti kita sangat berhak untuk memilih apa-apa yang dapat melindungi informasi pribadi dan semua yang tidak ingin dilihat orang lain tanpa ijin.

Terakhir, gunakan aplikasi-aplikasi khususnya Telegram untuk hal-hal yang mendatangkan manfaat, Hindari menggunakan Telegram untuk hal-hal yang merugikan orang lain atau bahkan melanggar hukum.

Sekian, jika ada informasi yang salah, mohon koreksinya di kolom komentar. Matur nuwun.

Sumber : Telegram.org
D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js
Load comments