D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js

Kini memungkinkan untuk mencoba FirefoxOS di Android

Bagi yang belum mengenal Firefox OSFirefox OS adalah sebuah sistem operasi mobile open source buatan Mozilla yang menggunakan teknologi HTML5, Gecko engine dan Linux Kernel. Sekilas fungsi dan arsitektur Firefox OS mirip dengan Chrome OS buatan Google.

Firefox OS pada saat tulisan ini saya tulis, masih dalam tahap pengembangan meskipun memang sudah ada beberapa device yang menggunakannya. Firefox OS saat ini masih sangat kalah populer jika dibandingkan dengan kompetitornya. Sebutlah Tizen, Chrome OS, IOS apalagi Android. Tampaknya hal inilah yang kemudian membuat Mozilla untuk merilis preview Firefox OS ke Android dalam bentuk aplikasi. Tentu saja bertujuan agar pengguna Android tahu dan tertarik.

Untuk mencoba Firefox OS di Android sangatlah mudah, cukup download file apk-nya, kemudian install di Android. File apknya dapat di download di sini. Aplikasi FirefoxOS ini saya rasa bentuknya sama seperti aplikasi launcher pada umumnya, dengan tampilan dan setting yang sangat berbeda.

Berikut ini beberapa screenshot Firefox OS di Android.









Kesimpulan.

FirefoxOS versi aplikasi ini secara tampilan kelihatannya dibuat sesederhana mungkin. Sekilas mirip dengan IOS tetapi dengan tingkah lagi mirip dengan Ubuntu Touch, yaitu untuk bergerak ke history aplikasi sebelum dan sesudah, dilakukan dengan menggunakan swipe.

Animasi bounching terlihat bagus dan simple. Tampilan icon sebenarnya bagus juga, akan tetapi karena saya mencobanya di tablet maka ukuran icon menjadi terlalu besar.

Secara keseluruhan, untuk versi preview, saya rasa aplikasi ini cukup mewakili seperti apa FirefoxOS kelak.

Sumber : https://www.mozilla.org/en-US/firefox/os/2.5/
D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js
Load comments