D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js

Cara mudah remapping tombol di Ubuntu/Linux

Beberapa hari yang lalu, entah kenapa tombol panah bawah keyboard Notebook tiba-tiba kadang-kadang respon kadang-kadang tidak. Nah sambil menunggu waktu yang tepat untuk memeriksakannya ke service center, maka saya ingin agar untuk sementara tombol panah bawah ini digantikan tombol lain. Dengan kata lain, suatu tombol keyboard lain di-remapping menjadi tombol panah bawah (down). Pilihan saya jatuh pada tombol Kontrol Kanan yang memang sangat jarang digunakan dan kebetulan secara letak berdekatan dengan tombol panah bawah. Lalu bagaimana cara melakukannya ?

Salah cara melakukannya di Ubuntu (dan mungkin juga distro yang lain), adalah dengan memodifikasi file xkb. Apa itu xkb, silahkan langsung cek di sini. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Buka terminal kesayangan anda. Backup terlebih dahulu file yang akan kita modifikasi. File tersebut adalah /usr/share/X11/xkb/symbols/pc, misalkan ke dalam folder Desktop.

cp /usr/share/X11/xkb/symbols/pc ~/Desktop/

Kemudian buka file tersebut dengan sembarang editor, bisa gedit, vim, nano atau yang lain. Misalkan saya menggunakan vim.

sudo vim /usr/share/X11/xkb/symbols/pc

Di bawah ini adalah tampilan sebagian isi dari file tersebut.


Saya akan me-remapping tombol Kontrol Kanan menjadi panah bawah, oleh karena itu saya perlu menonaktifkan default mapping dari tombol Kontrol Kanan. Cari baris dari file itu yang isinya :

key <RCTL> {      [ Control_R             ]       };

Tambahkan tanda // di depannya, sehingga menjadi

//key <RCTL> {      [ Control_R             ]       };

NOTE:
RCTL adalah kode dari tombol Kontrol kanan.


Setelah itu arahkan ke bagian paling bawah, baris akhir dari file tersebut.

Tambahkan remapping tombol Kontrol kanan menjadi panah kanan di akhir baris sebelum tanda } sebagai berikut.

key <RCTL> {        [  Down                 ]       };


Simpan file tersebut.
NOTE:
Pastikan anda menuliskannya dengan benar, karena jika terjadi kesalahan, dari apa yang saya alami, keyboard anda bisa tidak berfungsi, sehingga saya musti memperbaikinya dengan menggunakan LiveCD/USB.

Bersihkan cache dari xkb ini dengan perintah:

sudo rm /var/lib/xkb/server-*

Silahkan logout atau restart untuk melihat hasilnya. Dan jika semuanya berjalan dengan baik, maka anda sudah berhasil meremapping suatu tombol menjadi tombol yang lain.

Sekian tip/trik kali ini, semoga yang sedikit ini bermanfaat.


D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js
Load comments