D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js

Mengatasi problem klik kanan pada Windows yang menyebabkan Exproler crash

Entah sejak kapan, tiba-tiba saja saya mengalami masalah yang aneh, yaitu setiap kali klik kanan pada file dengan ekstensi .exe atau bertipe shortcut, Windows explorer selalu crash dan restart sendiri. Meskipun tidak sampai menyebabkan Windows hang, akan tetapi hal ini tentu sangat mengganggu.

Setelah googling ke sana ke mari, akhirnya menemukan satu cara yang cukup ampuh untuk menyelesaikan problem ini. Secara umum, problem klik kanan ini kemungkinan besar disebabkan oleh sebuah shell script atau extensi pada Explorer yang biasanya ditambahkan oleh aplikasi-aplikasi yang kita install sebagai bagian dari fitur, yang sayangnya kadang kala malah bermasalah.

Untuk menyelesaikan problem ini, pertama kita memerlukan aplikasi yang dapat menampikan semua shell script/extensi yang terinstall. Salah satu aplikasi tersebut adalah ShellExView. Silahkan download lalu install aplikasi tersebut dari sini. Kemudian jalankan ShellExView yang tampilannya seperti gambar di bawah. Maka akan terlihat semua Shell extension yang terinstall.  Terlihat jelas mulai dari nama, tipe, waktu terinstall dan perusahaan pembuatnya.

SnapCrab_2015_1_19_16_45_30_No-00

Nah di antara ekstensi-ekstensi itulah ada satu atau bahkan beberapa yang menyebabkan masalah, jadi tujuan kita adalah mencari yang manakah itu.

Untuk mempermudah, kita mulai dengan mengasumsikan bahwa semua ekstensi buatan Microsoft bersih alias tidak bermasalah. Jadi ekstensi buatan vendor lainlah yang patut dicurigai. Pada daftar ekstensi tersebut, klik kolom Company untuk mengurutkan daftar berdasarkan nama perusahaan pembuatnya.

SnapCrab_2015_1_19_16_54_18_No-00

Selanjutnya agar lebih mudah, kita disable semua ekstensi non Microsoft. Pilihlalu klik-kanan semua ekstensi non Microsoft, lalu disable.

SnapCrab_2015_1_19_16_59_36_No-00

Kemudian restart Exproler dengan cara, klik menu Option > Restart Explorer

SnapCrab_2015_1_19_17_6_39_No-00

Dengan ini maka Explorer bebas dari ekstensi non-Microsoft. Silahkan coba lagi klik kanan pada file-file yang yang sebelumnya menyebabkan Explorer crash setiap kali di klik kanan. Sekarang Windows Explorer seharusnya sudah tidak lagi crash.

Ok, langkah pertama sudah selesai. Selanjutnya adalah mengulangi langkah-langkah di atas, akan tetapi kali ini satu persatu meng-enable ekstensi non Microsoft, restart Explorer lalu coba klik kanan file lagi. Begitu terus sampai ditemukan ekstensi mana yang menyebabkan Explorer crash. Jika ekstensi yang bermasalah tersebut sudah ditemukan, maka selanjutnya terserah anda. Anda bisa menguninstall aplikasi terkait tersebut atau hanya cukup men-disablenya saja.

Untuk kasus saya, ekstensi yang ternyata bermasalah adalah CmdLineContextMenu Class yang mengakses file CmdLineExt03.dll.

Sekian sharing kali ini, semoga yang sedikit ini bermanfaat.
D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js
Load comments