D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js

Cara mengaktifkan Two-Factor Authentication di Instagram

Instagram secara resmi telah meluncurkan fitur Two-Factor Authentication setelah melewati versi beta selama kurang lebih 1 tahun. Two-Factor Authentication adalah salah satu cara untuk melindungi akun dari incaran orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Yaitu dengan cara mengirimkan kode tertentu melalui sms yang harus dimasukkan pada saat login. Prinsipnya sangat mirip dengan kode token di perbankan.

Dengan Two-Factor Authentication ini, maka akun Instagram akan jauh terlindungi, meskipun misalkan password akun anda berhasil dicuri diketahui orang lain. Tanpa kode yang dikirimkan melalui sms tersebut, maka orang lain tidak akan bisa masuk ke dalam akun anda.

Berikut ini adalah langkah-langkah mudah untuk mengaktifkan fitur Two-Factor Authentication di Instagram.

Pada saat tulisan ini saya tulis, fitur Two-Factor Authentication ini hanya dapat diaktifkan melalui aplikasi mobile Instagram (Android, IOS dll) dan tidak bisa diaktifkan lewat web. Jadi pastikan anda sudah menginstall Instagram di smartphone anda.

Pada halaman depan Instagram anda, klik tombol/icon Me, lalu klik tombol Options di pojok kanan atas.



Pada halaman/tampilan Options tersebut, klik menu Two-Factor Authentication yang terletak pada bagian ACCOUNT.



Kemudian aktifkan pilihan Require Security Code


Maka akan muncul peringatan yang isinya adalah jika fitur Two-Factor Authentication ingin diaktifkan, maka pengguna harus menambahkan nomor telepon yang akan digunakan untuk mengirimkan kode melalui sms. Oleh karena itu, tekan tombol Add Number.



Silahkan masukkan nomor telepon anda, kemudian tekan tombol panah di pojok kanan atas.



Setelah anda memasukkan nomor telepon di atas, maka Instagram akan mengirimkan kode verifikasi melalui sms ke nomor telepon yang anda masukkan di atas. Silahkan masukkan kode verifikasi yang terkirim ke nomor telepon anda, lalu tekan tombol panah di pojok kanan atas.




Selanjutnya, Instagram secara otomatis akan membuatkan anda beberapa kode backup yang dapat anda gunakan jikalau pengiriman kode via sms bermasalah. Silahkan tekan tombol OK.



Anda dapat menyimpan kode-kode backup tersebut dengan cara di-screenshot, dan jangan lupa pastikan file screenshot tersebut anda simpan di tempat yang sangat aman. Jika perlu, silahkan anda catat kode-kode backup tersebut di kertas lalu simpan di tempat yang aman.


PERINGATAN PENTING !!!
Ingat, kode-kode backup tersebut adalah kode yang dapat anda gunakan untuk login ke dalam Instagram sebagai alternatif terakhir jika ternyata Two-Factor Authentication gagal mengirimkan kode via sms. Jadi, pastikan kode-kode tersebut anda simpan dengan aman dan tidak ada orang lain yang tahu. Jangan anda abaikan kode-kode backup ini karena ada beberapa kasus dilapangan dimana kode Two-Factor Authentication gagal dikirim via sms.

Sampai di sini, anda sudah berhasil mengaktifkan fitur Two-Factor Authentication Instagram. Selanjutnya, jika anda mencoba login ke dalam Instagram lewat aplikasi mobile maupun web, maka anda harus memasukkan sebuah kode yang dikirim melalui sms.

Sekian dan terimakasih, semoga yang sedikit ini bermanfaat.
D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js
Load comments