D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js

Problem "USB disconnect, .. Unable to enumerate USB device on port .."

Saya saat ini menggunakan Notebook dengan OS Ubuntu 10.04 untuk bekerja dan kegiatan sehari-hari, termasuk untuk menulis Blog ini. Selama ini, tidak pernah sekalipun mengalami Hang atau Freeze, sampai beberapa hari yang lalu, tiba-tiba Notebook menjadi sangat-sangat pelan dan tidak mengenali semua device USB yang saya pasang.

Hadeeehhh, apa-apaan ini (ceritanya panik ini), restart service udev pun tidak mempan, sampai-sampai reboot pun ndak mempan. Alih-alih normal, saya malah tidak bisa login ke sistem setelah reboot. Wah tambah panik, padahan waktu itu istri sudah mulai cemberut karena mau meminjam Notebook.

Karena tidak bisa login, saya coba tekan tombol Ctrl+F1 untuk masuk ke dalam mode terminal, dan ternyata bisa. Di sana saya lihat pesan error USB disconnect, .. Unable to enumerate USB device on port .., pesan error itu muncul berulang-ulang. Saya tetap bisa mengetikkan perintah di terminal, akan tetapi pesan error itu terus saja muncul sehingga membuat tampilan sulit terbaca. Hmmmm, tidak ada petunjuk, ok coba lagi reboot, kali ini pilih recovery mode pada menu grup. Disana pun hasilnya tetap sama, pesan error itu tetap muncul.

Kalau saya ingat-ingat lagi, problem ini kemungkinan besar muncul setelah saya mencoba mengkonekkan MicroSD dengan menggunakan adapter, sekaligus mengkonekkan HP dengan kabel data. Saat itu, hanya sekali MicroSD terdeteksi kemudian baik MicroSD maupun HP tidak terdeteksi sama sekali. Pikiran buruk mulailah bermunculan, apakah telah terjadi kerusakan USB port, atau terjadi kerusakan hardware yang lain.

Ok, coba lagi, kali ini tidak reboot, melainkan matikan komputer, lalu nyalakan lagi. Dan hasilnya .... tetap tidak bisa, error itu tetap muncul disana. Ok deh, coba lagi cara terakhir, tanya Mbah Google. Setelah browsing kesana kemari, buka artikel ini dan itu, kesimpulannya simple. Cara menyelesaikan problem ini ternyata sangat simple, yaitu :
Matikan notebook lalu lepas baterainya, kemudian pasang lagi dan nyalakan.
Yups, sesederhana itu, dan benar-benar berhasil, problem itu hilang tuntas.

Kesimpulan lainnya adalah, ada yang mengatakan bahwa problem ini adalah bug. Apapun itu, yang penting, saat ini Notebook sudah dapat  bekerja seperti sedia kala. Fin.
D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js
Load comments