D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js

Upload Image ke Picasa dengan Email


Apakah anda menggunakan Smartphone atau Table Android dan mengalami kesulitan untuk upload gambar ke Picasa ? Jika iya, maka kita memiliki problem yang sama.

Entah sejak kapan mulainya, yang jelas saya selalu gagal untuk upload gambar ke Picasa melalui tablet Android (Galaxy Tab 7 plus, Android Ver. 4.0.4), dengan error  Failed to retrieve account information

Pesan error pada saat upload gambar ke Picasa

Sekali lagi googling kesana kemari, dan kesimpulan sementara adalah, kemungkinan besar ada bug pada aplikasi Picasa atau di Android 4.0.4 itu sendiri. Polanya adalah, Picasa akan error jika terdapat account   yang sama dengan account google/gmail yang diregistrasi dengan perangkat Android tersebut.
Contoh:
Misalkan account google yang kita registrasi untuk perangkat android adalah fulan@gmail.com. Selain itu, kita juga memiliki account Facebook, Dropbox dll yang kebetulan usernamenya juga fulan@gmail.com juga. Nah, jika kemudian kita install aplikasi Facebook, Dropbox dll tersebut, maka akan mengakibatkan terdapat lebih dari 1 account fulan@gmail.com di dalam perangkat android tersebut. Inilah yang kemungkinan besar mengakibatkan error pada upload Picasa.

Contoh multiple account pada Android
Ok, selesai teorinya, sekarang bagaimana mengatasi problem ini ?
Sebelumnya, saya bukanlah yang membuat solusi dibawah ini, melainkan hanya merangkum dari hasil googling yang sayangnya saya tidak bisa menuliskan semua link nya.
  1. Tunggu update firmware dari Samsung (jika anda menggunakan device dari Samsung) atau mengunggu bug fix dari google.
  2. Hapus atau ganti semua account sehingga hanya tersisa 1 account google yang anda registrasi untuk perangkat tersebut.
  3. Menggunakan browser (Opera, Firefox, Google Chrome dll)
  4. Upload menggunakan email.
Cara nomor 4 inilah yang menurut saya pribadi paling ok, meski sedikit ribet.
Cara untuk mengaktifkan upload Picasa dengan email sbb: 
  1. Login dengan account Picasa anda https://picasaweb.google.com
  2. Klik Tombol Option (pada kanan atas), lalu pilih setting.

  3. Setting Picasa

  4. Centang Allow me to upload photos by email pada bagian Upload photos by email
  5. Masukkan secret word sesuka hati, maka akan muncul alamat email. Alamat email inilah yang kita perlukan. 

    Secret word
  6. Simpan baik-baik email tersebut. Ada baiknya, email tersebut disimpan ke dalam daftar contact, misalkan dengan diberi nama EmailPicasa. Dengan disimpan di dalam daftar contact, dan karena contact pada google disync kesemua perangkat, maka akan mempermudah dalam pengiriman email, karena tidak perlu susah menuliskan sekian panjang alamat email tersebut di atas.
  7. Klik tombol Save changes.
  8. Ok, sekarang Google Picasa anda sudah siap menerima upload gambar/video dari email.
  9. Untuk mengupload gambar/video dengan email, cukup dengan cara mengirim email dengan tujuan/to email di atas (point 4) , dengan gambar/video sebagai attactment. Subject email akan menentukan dimana gambar/video tersebut akan diupload. Jika Subject email sama dengan nama album pada Picasa, maka gambar/video tersebut akan diupload ke dalam album tersebut. Jika subject email tidak sama dengan nama album, maka Subject email akan dijadikan sebagai caption dari gambar/video tersebut dan disimpan ke dalam album Drop Box.
Sekian, semoga bermanfaat, jika ada kesalahan mohon dikoreksi.





D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js
Load comments