D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js

Aplikasi-aplikasi pilihan di Android (bagian 3)

Kali ini adalah aplikasi-aplikasi Android untuk keperluan catat mencatat. Sangat cocok untuk mendukung pekerjaan. Aplikasi-aplikasi ini mendukung sync antar device, sehingga anda dapat bekerja secara simultan di banyak device.

Google Keep


Link : Google Play
Adalah layanan terbaru dari google. Fungsi utamanya adalah sebagai tempat untuk mencatat/mencapture segala sesuatu dengan cepat. Google Keep dibuat sangat simple dan desain yang flat. Anda tidak akan menemukan setting untuk memformat tulisan, karena memang bukan itu tujuannya (setidaknya hingga saat ini).

Saat ini ada 2 jenis note, yaitu plain note dan check list. Plain note untuk mencatat catatan umum, sedangkan check list cocok untuk catatan yang berupa todo list atau sejenisnya. Anda juga dapat menambahkan reminder pada Google Keep, sangat berguna untuk todo list.

Google Keep tersedia untuk desktop via extension pada Browse Google Chrome. Extension ini support offline akses, artinya anda tetap dapat menulis atau mengedit catatan tanpa perlu koneksi internet. Begitu ada koneksi, baru terjadi proses sinkronisasi, sehingga apa yang anda tulis di Gadget akan muncul juga di desktop dan sebaliknya.
Google Keep di Android Google Keep Reminder di Android
Google Keep di Desktop

SimpleNote


Link : Google Play
Simplenote sesuai dengan namanya, adalah aplikasi pencatat sederhana. Secara fitur mirip dengan Google Keep minus embed gambar. Simple note juga bisa di akses di Desktop via Google Chrome. Hanya sayang, di Google Chrome belum support offline akses.

Jika hanya memerlukan pencatat sederhanan nan ringan, maka Simplenote menjadi pilihan.
Simplenote di Android

Simplenote di Desktop 

SpringPad


Link : Google Play
SpringPad boleh saya bilang versi "advance" Google Keep. Secara fitur lebih kaya dibanding Google Keep. SpringPad memiliki fitur untuk share dan follow spring dari user lain, sehingga SpringPad cocok untuk berbagi dokumen,artikel atau jurnal, misalkan untuk mahasiswa dengan dosennya.

SpringPad juga dapat diinstall di Desktop via extension Google Chrome. Sayang masih belum support offline akses.
SpringPad di Android SpringPad di Android

Evernote


Link : Google Play
Evernote adalah yang paling lengkap secara fitur dari ke-3 aplikasi di atas. Selain untuk pencatat, Evernote juga dapat mencapture artikel dari Web secara langsung, fungsinya seperti ReadItLater.

Evernote dapat diakses via browser (Web App) maupun native client di Windows.
Evernote di Android

Evernote di Desktop via Browser
D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js
Load comments