D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js

Add-ons pilihan untuk Mozilla Thunderbird

Apakah anda pengguna Mail Client Mozilla Thunderbird ? Jika iya, maka berikut ini beberapa Add-ons yang wajib anda gunakan untuk meningkatkan produktifitas anda sehari-hari.

Lightning

Add-on ini berguna untuk managemen kalender di dalam Thunderbird. Dengan ini anda bisa mencatat todo list/task dan event di dalam Thunderbird, tidak perlu repot-repot lagi install aplikasi lain.

Integrasi antara email dan kalender cukup bagus, sehingga anda bisa convert dari email menjadi task maupun event. Fitur repeat dan notifikasinya pun lengkap, sehingga akan benar-benar mempermudah anda untuk memanagemen waktu dan tugas dengan baik.




Provider for Google Calendar

Add-on ini adalah pasangan dari Lightning dan sangat cocok untuk anda yang menggunakan Google Calendar. Saya termasuk yang menggunakan Google Calendar untuk mencatat jadwal, undangan, dan lain-lain setiap hari. 

Selama ini, saya harus masuk dulu ke Google Calendar via web jika ingin mengakses jadwal dll, dengan add-on ini maka hal itu tidak perlu lagi. Dengan Thundebird+Lightning+provider for Google Calendar, maka anda bisa mengakses/sync Google Calendar langsung dengan Thunderbird. 

Detail bagaimana mengintegrasikan Lightning dengan Google Calendar mudah-mudahan segera dapat saya tulis dikesempatan lain.



Mail Summaries

Add-on ini berfungsi sebagai "dashboard" account email anda. Mail Summaries akan mengganti halaman depan untuk setiap account Email dengan halaman yang berisi berbagai informasi, mulai dari space email anda sampai data statistik email anda.

Dengan ini maka anda dapat dengan mudah mengetahui, misalkan folder manakah yang berisi email paling besar, dengan siapakah anda paling sering berkorespondensi dan lain-lain. Desain cukup simple dan informatif.



Thunderbird Conversations

 Add-on ini akan mempermudah anda dalam menampilkan email anda secara berurut berdasarkan conversations. Hmm, saya agak bingung menjelaskannya, kira-kira begini, add-on ini akan mengatur tampilan email anda secara berurutan mulai dari email pertama, replay dan replay selanjutnya dengan lebih simple dan mudah. 

Selain lebih simple, anda juga akan lebih mudah dalam men"track" history dari email anda, karena anda tidak perlu mengingat-ingat apa isi email balasan anda, email sebelumnya atau berapa di folder mana email yang pertama dst.


Untuk lebih jelasnya berikut ini perbedaannya dengan gambar.

Email tanpa Thunderbird Conversations

Email dengan Thunderbird Conversations

Pada gambar di atas, email saya atur dan bagi menjadi folder-folder tertentu. Saya menerima email A dan masuk ke folder Material Request. Email tersebut kemudian saya balas (B dan berada di folder Sent). Kemudian saya menerima replay C, kali ini di dalam folder Inbox, dan terakhir email tersebut saya balas lagi (D). 

Silahkan anda bandingkan gambar pertama dengan kedua. Pada gambar pertama, jika saya klik email A, maka hanya akan tampil email A itu saja, email B,C dan D tidak tampak. Jika saya ingin tahu email balasan saya (B) seperti apa, maka saya harus masuk ke dalam folder Sent dan mencari-cari lagi. Begitu juga jika saya ingin tahu email C dan D. Sangat merepotkan bukan.

Pada gambar kedua, pada saat saya klik email A, maka akan langsung terlihat email B, C dan D. Sangat mudah bukan. Hal ini dikarenakan history dari suatu email ditampilkan secara bersamaan bahkan jika email-email tersebut berapa pada folder yang berbeda.

Itulah beberapa Add-ons menarik dan berguna yang selalu saya gunakan sampai saat ini. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.
D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js
Load comments