D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js

BitTorrent Sync, solusi aman, gratis dan mudah untuk sinkronisasi data

Automatically sync files via secure, distributed technology, ini adalah motto mereka.

Anda pengguna DropBox, Google Drive, Copy, SpiderOak atau cloud storage lainnya? Seiring dengan perkembangan teknologi, tampaknya layanan berbasis cloud makin berkambang. Layanan cloud akan sangat mempermudah salah satunya dalam akses data. Kita bisa akses data setiap saat dan dimana saja (asal ada koneksi internet), tidak perlu kuatir kehilangan data saat alat/gadget yang kita gunakan hilang atau rusak. Data kita tetap "aman" karena telah tersimpan di server cloud.

Selain itu, kita juga bisa mendapatkan space yang hampir tanpa batas selama dukungan dana mencukupi :D. Tidak perlu repot-repot membawa Harddisk portable atau sejenisnya, yang dibutuhkan hanyalah koneksi internet dan dana tentunya.

Selain dari kemudahan-kemudahan itu, di sisi lain, isu keamanan menjadi satu hal yang utama. Hal ini dikarenakan, service Cloud Storage sama saja dengan kita menitipkan data-data yang kita punya ke "rumah" orang lain. Secara teori, pemilik "rumah" sangat mungkin bisa melihat, membaca atau apapun terhadap data-data kita. Oleh karena itu, anda harus memperhatikan betul-betul kontrak perjanjian dari masing-masing penyedia layanan. Apakah data kita dijamin aman, tidak ada pihak lain yang bisa mengakses atau apakah data kita di enkripsi sehingga hanya kita sendiri yang memiliki kuncinya. Dan lain-lain.

Jika anda tidak percaya dengan Service Cloud Storage, padahal anda memiliki banyak device dan ingin agar data-data anda dapat tersingkronisasi dengan aman antar device, maka BitTorrent Sync bisa menjadi solusi. BitTorrent sync adalah aplikasi multi platform (Windows, Linux, Mac, Android dll) yang dapat melakukan sinkronisasi data secara langsung dan aman. Sesuai dengan motto mereka di atas.

BitTorrent Sync memungkinkan anda untuk sinkronisasi data antar device langsung via LAN, Wifi atau Internet. Distributed artinya, masing-masing device dapat bertindak sebagai server ataupun client. Secara konsep garis besar, bisa digambarkan seperti dibawah ini.

Garis besar perbedaan antara DropBox dkk dengan BitTorrent Sync

Model Dropbox dkk
  • Anda harus memiliki account.
  • Pasti ada central servernya. Jika server down, maka wassalam.
  • Hanya bisa bekerja jika ada akses internet (ini mungkin tidak semua, di Dropbox ada fitur Sync LAN). 
  • Data belum tentu aman, tergantung penyedia jasa. Data kemungkinan penyedia jasa dapat membaca/akses data-data kita
  • Harga bervariasi, tergantung space yang kita mau.
  • Space "terbatas", iya kan, tergantung dana
Model BitTorrent Sync
  • Anda harus memiliki secret key dari folder yang anda sharing
  • Tidak ada central server, semua bisa menjadi server sekaligus client.
  • Dapat berjalan via Internet, ataupun jaringan LAN
  • Data aman, karena berapa pada PC/device anda sendiri, tidak dititipkan pada pihak ketiga.
  • Aplikasi ini gratis
  • Space "unlimited", maksud saya tergantung space HD anda sendiri.


Untuk saya sendiri, BitTorrent Sync saya gunakan di Ubuntu 12.04, Android 4.2.2 dan Windows, semuanya dapat berjalan dengan lancar. BitTorrent Sync paling utama saya gunakan untuk sinkronisasi catatan, gambar dan documen antara Notebook dan Tablet. 

Contohnya adalah gambar di atas, gambar tersebut saya gambar dengan SNote, lalu saya export ke jpg dan langsung sync dengan Notebook, kemudian saya upload ke blog ini. Semua berjalan otomatis. Tanpa BitTorrent Sync, saya harus transfer via bluetooth atau kabel data atau FD. Jauh lebih mudah bukan. Ah iya, semua gambar screenshot blog ini yang diambil dari Android, saya sync juga dengan Notebook sehingga proses capture dan upload ke blog menjadi lebih menyenangkan.

Untuk informasi lengkap dan download aplikasinya, silahkan langsung menuju TKP disini. Cara install di Linux dan Windows (saya belum pernah coba di OSx maupun IOS), sangat mudah. Semua sudah ada petunjuknya, saya yakin anda tidak akan kesulitan.

Sekian dan selamat mencoba. 

BitTorrent Sync di Ubuntu 12.04 via Browser

BitTorrent Sync di Android

BitTorrent Sync di Windows

D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js
Load comments