D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js

Cara mudah membuat dan mengubah file PDF di Linux !!!, Windows dan OSX dengan Master PDF Editor

Mengubah isi file PDF adalah salah satu perkara yang tidak mudah, terutama untuk user biasa di Linux. Itu kesan saya pada saat mendapat tugas untuk mengubah isi dari file PDF yang sudah jadi. Bukan tidak ada caranya, akan tetapi cara itu terhitung rumit dan sulit.

Kini, semua kesulitan itu dapat dihilangkan dengan aplikasi bernama Master PDF Editor. Saya pribadi sedikit bingung, karena aplikasi sebagus ini di Linux kog baru tahu beberapa saat yang lalu ya. Saya yang terlalu kuper atau memang aplikasi ini masih sangat baru. Selain sangat user friendly, aplikasi ini juga tersedia di semua OS. Tidak tanggung-tanggung, aplikasi ini tersedia untuk Linux, OSX dan Windows.

Aplikasi ini memang tidak open source dan tidak gratis, akan tetapi tersedia GRATIS hanya untuk Linux untuk keperluan non-komersial. Berbahagialah anda para pengguna Linux. Cara installnya sangat mudah, silahkan download file paketnya terlebih dahulu di sini (tersedia dalam paket rpm, deb dan tar.gz), kemudian install. Untuk paket deb dapat di install dengan cara :
sudo dpkg -i <file.deb>
Contoh :
sudo dpkg -i ~/master-pdf-editor_1.9.23_i386.deb 

Di bawah ini adalah contoh tampilan Master PDF Editor di Linux Ubuntu 14.04.


Untuk mengedit file PDF, caranya sangat mudah. Load/Open file PDF yang anda inginkan, kemudian editlah sesuka anda. Anda dapat menghapus, mengubah atau menambahkan tulisan, gambar, sticky note, tombol, checkbox, listbox dan lain-lain. Di bawah ini adalah contoh document PDF yang telah diedit.


Beberapa fitur utama Master PDF Editor adalah :
  • XPS Viewer
  • PDF Maker 
  • Convert XPS to PDF 
  • Split and Merge PDF Files
  • Annotation & Comment PDF
  • Make & Edit PDF Bookmarks
Untuk lebih detail tentang Master PDF Editor ini, silahkan langsung menuju websitenya di http://code-industry.net/pdfeditor.php.

Kesimpulan:
Master PDF Editor jelas adalah salah satu aplikasi yang sangat dibutuhkan para pengguna Linux, dikarenakan langkanya aplikasi sejenis ini. Dengan design yang simple dan tanpa dependencies yang macem-macem, ditambah lagi gratis untun non-komersial, jelas aplikasi ini sangat layak untuk dicoba dan kelak dibeli untuk keperluan komersial.

Sumber : 

D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js
Load comments