D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js

Problem Wifi atau Network disabled setelah suspend di Ubuntu 14.04

Beberapa saat yang lalu saya malakukan upgrade Ubuntu dari 13.10  menjadi 14.04, meskipun saat ini statusnya masih beta, demi rasa penasaran dan antusias yang tinggi. Dikarenakan statusnya yang masih beta ini, maka adalah wajar jika ditemukan banyak bugs/problem, dan itu benar adanya.

Setiap kali Notebook saya nyalakan dari kondisi suspend, network manager selalu ter-disabled, sehingga akibatnya Notebook saya tidak bisa terkoneksi dengan wifi maupun LAN. Padahal di Ubuntu versi sebelumnya (13.10) semuanya aman-aman saja.


Sudah klik enable Networking tidak mempan, tercentang tetapi statusnya tetap disabled. Melakukan restart service network pun (sudo service networking restart) hasilnya lebih parah, mengakibatkan window manager/unity freeze tiba-tiba, sehingga musti restart.

Setelah beberapa hari pusing. Alhamdulillah ketemu solusinya. Ternyata solusinya cukup simple, yaitu dengan meng-kill NetworkManager.
 sudo killall NetworkManager
Setelah di-kill, maka secara otomatis NetworkManager akan restart sendiri, dan semua kembali bekerja secara normal.



Karena masih beta, saya pribadi maklum jika ada problem seperti ini. Sampai tulisan ini saya tulis, proses update masih terjadi setiap hari. Jadi ke depan, kita berharap saja bugs ini akan segera solved. Semoga.
D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js
Load comments