D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js

Mudah menghemat quota Internet di Android dengan Opera Max

UPDATE !!!
Beberapa informasi sudah tidak relevan lagi dan artikel ini sudah di update di sini : Opera Max

Opera Max, mungkin masih terdengar asing, setidaknya bagi saya pribadi. Apa itu Opera Max ? Saya rasa kita semua sudah familiar dengan Opera dan salah satu keunggulan Opera, yaitu kemampuan untuk melakukan kompresi data sehingga menghemat penggunaan data internet.

Sebenarnya yang dilakukan Opera adalah, membelokkan trafik internet yang kita request menjadi ke server mereka terlebih dahulu. Di sana data respon request kemudian dikompresi, baru kemudian dikirimkan ke device kita.

Nah itulah yang dilakukan Opera Max. Kalau saya membayangkan, Opera Max adalah modul/bagian dari Browser Opera yang dijadikan aplikasi yang berdiri sendiri. Jadi secara prinsip, Opera Max adalah aplikasi VPN. Dikarenakan dilakukan kompresi data, maka trafik internet lebih kecil dan tentu saja quota internet bisa jauh lebih hemat bukan.  

Pada saat tulisan ini ditulis, Opera Max masih dalam tahap beta dan free. Sebelumnya Opera Max hanya berlaku di wilayah/negara tertentu saja, tetapi sekarang sudah bisa diakses dari semua wilayah. Jadi, segera saja download Opera Max (apk) di sini, kemudian silahkan anda install apk tersebut. Atau mendownload langsung di Google Play di sini.

Pada saat dijalankan, maka akan muncul gambar seperti di bawah ini. Tekan OK untuk melanjutkan.


Kemudian centang I trust this application untuk memulai koneksi VPN, lalu tekan OK.


Jika tidak ada masalah, maka Opera Max akan berjalan seperti gambar di bawah ini.


Gambar di atas tampak Opera Max dapat menghemat data sebesar 3 MB dari 34.8 MB. Itu baru beberapa jam, jika sampai 1 bulan tentu cukup besar bukan penghematannya.

Oya, selain itu kompresi tersebut, Opera Max juga dapat memblok akses internet aplikasi tertentu, misalkan untuk aplikasi-aplikasi beriklan. Untuk memblok akses internet, tekan tombol menu > Blocked apps. Kemudian centang aplikasi-aplikasi yang diinginkan. Mudah bukan.





Kesimpulan.

Opera Max dapat menjalankan fungsinya dengan baik dan tidak ribet. Dapat melakukan kompresi data secara efektif. Ada satu catatan di sini, Opera Max hanya dapat melakukan kopresi data text, gambar dan video dalam koneksi yang tidak terenkripsi. Jadi, Opera Max tidak dapat melakukan kompresi data biner atau terenkripsi, misalkan transfer data pada proses install atau update pada Google Play. Mungkin yang termasuk dalam hal ini adalah data email.

Selain itu, pada saat Opera Max aktif, akses internet via tethering menjadi tidak bisa dilakukan. Maksud saya, misalkan notebook kita konekkan ke smartphone via tethering, maka notebook bisa terkonek, hanya saja tidak bisa mengakses internet. Saya tidak tahu, apakah ini bug atau sejenisnya, atau memang efek samping bisa menggunakan koneksi VPN secara umum. Jika memang bug, mudah-mudahan saja Opera secara melakukan perbaikan.

Saya pribadi sangat cocok dengan Opera Max, dikarenakan sebagian besar kegiatan saya adalah browsing atau membaca berita, jadi kemungkinan data terkompresi besar, sehingga quota bisa lebih hemat. Bagaimana dengan Anda ?

Sekian dan selamat mencoba.

Sumber :
Google+
Opera Max help
D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js
Load comments