D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js

Mengatasi Problem "The photo editor couldn't be loaded.." pada Google Photos di Ubuntu

Salah satu fitur unggulan dari Google Photos adalah build-in photo editor yang bisa diakses via browser Google Chrome. Dengan fitur ini, kita bisa mengedit atau memperbaiki atau meng-enhance gambar yang telah kita upload ke Google (Google+, Google Drive, Blogger) dengan sangat mudah.  Tetapi, tampaknya fitur ini memerlukan persyaratan yang tidak biasa, sehingga jika tidak memenuhi pernyaratan tersebut, maka photo editor tidak dapat diakses dan memunculkan peringatan seperti gambar di bawah ini.


Solusi yang diberikan Google untuk problem ini adalah :
  • mengupdate driver kartu grafis
  • mengupdate Google Chrome
  • mengupdate Mac ke Mac OSX khusus untuk pengguna device Mac. 
Sistem yang saya gunakan adalah, Notebook Lenovo G485, processor AMD E-300, kartu grafis ATI Radeon HD dan Ubuntu 14.04. Problem umum yang sering dialami Linux atau Distro Linux adalah ketersediaan driver kartu grafis yang terbatas. Kalaupun ada, biasanya yang "generic" sehingga tidak dapat melakukan pemrosesan grafis tingkat tinggi. 

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi problem tersebut di Ubuntu, adalah dengan menginstall atau mengganti additional driver untuk kartu grafis. Caranya adalah sebagai berikut. Pada dash, ketikkan additional driver, lalu klik Additional Drivers tersebut.


Kemudian tunggu sebentar sampai proses searching driver selesai,


Untuk kasus saya, ternyata system sudah menggunakan additional driver, hanya saja yang ditujukan untuk X.Org. Jika system anda seperti gambar di atas, maka gantilah dengan proprietary driver dari fglrx-updates.  Kemudian tekan tombol Apply Changes, lalu tunggu proses apply sampai selesai (mungkin memerlukan waktu beberapa menit). Tekan tombol Close.



Terakhir, restart komputer anda.

Setelah restart, buka kembali Google Photos, lalu cobalah edit gambar lagi, jika semuanya lancar, maka photo editor akan muncul seperti gambar di bawah ini. Mantap.



Jika cara di atas tetap gagal untuk memunculkan Photo Editor, maka silahkan coba cara lain di bawah ini.

Untuk pengguna Windows, pastikan komputer anda memenuhi persyaratannya, yaitu minimal harus menggunakan sistem operasi Windows 7 atau yang lebih baru. Pastikan juga anda menggunakan Browser Google Chrome yang paling baru. Photo Editor tidak akan berjalan jika anda menggunakan browser selain Google Chrome, misalnya Opera, Firefox, Safari apalagi IE.

Untuk pengguna Linux, bisa mencoba untuk mengaktifkan flag Override software rendering list. Caranya adalah sebagai berikut. Pada address bar Google Chrome, masukkan url: chrome://flags. Carilah flag yang bernama : Override software rendering list, biasanya berada paling atas. Kemudian klik tulisan Enable lalu tekan tombol Relaunch Now pada pojok kiri bawah untuk merestart Google Chrome.


Silahkan anda coba buka kembali Google Photo Editor, mudah-mudahan kali ini berhasil. Jika tetap saja tidak berhasil, maka dengan asumsi sistem anda sudah memenuhi persyaratan di atas, maka kemungkinan besar kartu grafis anda tidak memenuhi kebutuhan yang diperlukan oleh Photo Editor. Jika memungkinkan, maka cobalah mengganti kartu grafis anda, kemudian lengkapi dengan menginstall driver yang paling baru.

Sekian, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Sumber : Google support
D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js
Load comments