D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js

Aplikasi-aplikasi Android wajib untuk Siswa dan Mahasiswa

Jaman memang sudah berubah. Termasuk bagaimana cara Siswa atau Mahasiswa sekarang menuntut ilmu. Jika jaman dahulu akses informasi termasuk sangat sulit dan sangat bergantung kepada ketersediaan buku, maka kini informasi dapat diperoleh dengan amat sangat mudah. Salah satunya melalui aplikasi-aplikasi gratis yang tersedia di Android.

Nah berikut ini adalah aplikasi-aplikasi gratis di Android yang sangat berguna untuk para Siswa maupun Mahasiswa dalam mendukung proses belajar maupun berbagi ilmu.

1. Google Keep

Google Keep boleh dibilang adalah aplikasi all-in-one yang menyediakan hampir semua kebutuhan para siswa atau mahasiswa. 

Dengan Google Keep anda bisa melakukan hal-hal berikut ini :
- Menyimpan catatan dengan cepat
- Menulis catatan atau menggambar dengan stylus
- Menuliskan todo list
- Menyimpan foto
- Menambahkan reminder
- Tersedia di semua alat, smartphone, tablet, PC, Web

Semua hal di atas kemudian bisa anda kelompokkan berdasarkan warna atau kategori/label tertentu, dan tentu saja bisa di share/bagikan ke semua orang.

2. Pocket

Seorang siswa atau mahasiswa sekarang tentu akan sangat sering browsing untuk mencari bahan atau materi pelajaran. Nah, Pocket berguna untuk menyimpan semua halaman web yang anda perlukan tersebut. 

Sekilas Pocket mirip dengan bookmark, akan tetapi dengan kemampuan yang lebih. Isi/konten link yang tersimpan di Pocket tersebut akan secara otomatis didownload (tidak semua halaman, melainkan hanya bagian-bagian pentingnya saja), sehingga link/artikel tersebut dapat anda baca lagi secara offline di kemudian hari.


3. Feedly

Feedly adalah salah satu aplikasi RSS Reader terbaik yang pernah ada. Siswa dan mahasiswa sangat dianjurkan untuk banyak membaca, mulai dari yang spesifik berhubungan dengan study, sampai dengan berita-berita umum. Nah, Feedly berguna untuk mengumpulkan semua bahan berita tersebut dari berbagai sumber ke dalam satu tempat.

Dengan Feedly anda tidak lagi harus membuka banyak tab browser untuk membaca berita maupun artikel. Semua artikel baik yang berupa headline-nya saja maupun artikel penuh bisa anda baca langsung dengan Feedly.

4. Google Calendar

Jadwal ujian atau quiz adalah salah satu dari sekian banyak jadwal yang tidak boleh terlewat. 

Dengan Google Calendar atau aplikasi kalender lainnya, anda bisa mencatat jadwal ujian atau quiz atau bahkan semua jadwal pelajaran/kuliah (untuk yang ke-dua ini ada aplikasi yang lebih spesifik), dan memberikan notifikasi/pengingat berupa email atau popup sehingga kecil kemungkinan untuk luput.



5. Timetable

Timetable adalah sebuah aplikasi untuk mencatat dan mengatur jadwal pelajaran atau kuliah. 

Sama dengan Google Calendar, Timetable dapat diatur untuk memberikan peringatan terhadap hal-hal tertentu, misalkan terhadap jadwal ujian serta dapat secara otomatis mengubah mode smartphone menjadi mode silent pada saat jam pelajaran/kuliah.





6. RealCalc Scientific Calculator

Aplikasi kalkulator bawaan Android biasanya hanya memiliki fitur-fitur sederhana saja. Seorang siswa atau mahasiswa jurusan matematika atau arsitektur misalnya biasanya memerlukan kalkulator dengan fitur lebih dari itu. Nah RealCalc Scientific Calculator adalah salah satu kalkulator yang menyediakan banyak fitur perhitungan matematis tersebut.






7. Unit Converter

Salah satu materi yang selalu diajarkan di sekolah adalah mengenal satuan, mulai dari panjang, berat, suhu dan sebagainya. Saking banyaknya satuan-satuan yang harus dipelajari, tentu bukan hal cukup mudah untuk bisa menghafal semuanya.

Aplikasi Unit Converter ini sesuai dengan namanya, berguna untuk melakukan konversi dari satu satuan ke satu satuan yang lain. Misalkan dari gram ke kilogram, meter ke inch dan sebagainya. 

Tampilannya sangat sederhana dan intuitif sehingga sangat mudah untuk digunakan.


8. Dropbox

Berbagi bahan pelajaran atau bahan kuliah adalah hal yang akan sangat sering dilakukan para siswa atau mahasiswa. Jika pada jaman dahulu berbagi file biasa dilakukan dengan cara pinjam meminjam disket atau USB Flashdisk, maka sekarang sudah berganti dengan berbagi via cloud storage. 

Pertama tentu karena lebih murah alias gratis, kedua file yang tersimpan di cloud storage secara teori tidak akan hilang dan dapat diakses darimana saja (asalkan ada koneksi internet). Sehingga tidak ada lagi alasan tertinggal atau sejenisnya.

Nah, salah satu penyedia jasa Cloud Storage gratis populer adalah Dropbox. Dengan Dropbox gratis anda mendapatkan space gratis sebesar 5 GB (pada saat tulisan ini saya tulis). Dan dapat bertambah dengan anda melakukan hal-hal tertentu.
Tidak diragukan lagi, Duolingo adalah salah satu aplikasi paling populer untuk belajar bahasa asing, dalam hal ini adalah Inggris. Aplikasi ini menjamin gratis tanpa koma dan menjamin belajar Bahasa Inggris akan terasa menyenangkan dan mudah. So, silahkan buktikan sendiri.








10. MyScript Calculator


Aplikasi ini sangat menarik. MyScript calculator ini akan mengubah dan menghitung perhitungan matematika yang anda tulisan dengan tangan. Jadi aplikasi ini sangat cocok digunakan pada saat anda memerlukan perhitungan yang cepat. Anda cukup menuliskannya ke dalam aplikasi ini dan selanjutnya aplikasi ini akan mencoba menerjemahkan tulisan ke dalam simbol atau angka dan menghitung hasilnya.

Di bawah ini adalah video demonya, silahkan anda lihat dan anda akan mengerti maksud saya.





Sekian tip/trik kali ini, terimakasih dan semoga yang sedikit ini bermanfaat.
D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js
Load comments