D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js

Game-game edukasi gratis tanpa Iklan di Android untuk Anak Balita

Di Android, selain terdapat banyak game untuk para orang tua, juga terdapat banyak game untuk anak-anak. Ada yang gratis dan tentu saja banyak juga yang berbayar. Nah, berikut ini adalah beberapa game bertema edukasi pilihan di Android yang gratis dengan kualitas sangat bagus, dan yang paling penting tanpa terdapat iklan.

1. Toca Kitchen

Adalah sebuah permainan "simulasi" memasak yang boleh dibilang terlihat sangat real dan sangat menyenangkan untuk dimainkan. Dengan game ini, anak-anak diajak bermain-masin tentu saja sambil belajar tentang berbagai-macam sayur dan buah-buahan. 

Cara bermainnya sangat mudah dengan animasi yang mirip dengan aslinya. Bagaimana jika sayur gosong jika digoreng terlalu lama, air yang mendidih dan bagaimana jika buah-buahan di blender menjadi jus. Pokoknya lucu dan menyenangkan.




2. Toca Kitchen 2

Game ini adalah versi ke-2 dari game Toca Kitchen di atas. Masih dengan tema masak-memasak yang sama, akan tetapi dengan menambah banyak jenis sayur, buah dan alat-alat yang digunakan.

Secara kualitas gambar dan animasi tampak lebih baik dan halus dibandingkan dengan versi sebelumnya. Jadi, singkat saja game ini sangat layak untuk dicoba.




3. LEGO® Juniors Create & Cruise

Sudah terlihat dari judulnya, bahwa game ini dibuat dengan tema Lego. Dalam game ini, anak-anak di ajak untuk merangkai berbagai macam kendaraan dengan menggunakan potongan-potongan lego yang ada. 

Potongan-potongan lego ini akan terus bertambah dan beragam seiring dengan makin seringnya game ini dimainkan, sehingga anak-anak bisa banyak berimajinasi menciptakan berbagai bentuk kendaraan atau pesawat.







4. LEGO® Creator Islands

Masih dengan tema lego, game ini sekilas mirip dengan game SimCity sederhana. Di sini, anak-anak kita diajak untuk bermain dan berimajinasi membangun sebuah pulau yang awalnya kosong sehingga dapat menjadi kota besar dengan berbagai macam bentuk bangunan dan kendaraan.

Di dalam game ini anak-anak tetap di ajak untuk membangun dari blok-blok lego yang juga akan terus bertambah seiring dengan makin seringnya game ini dimainkan. Mungkin game ini sedikit sulit untuk anak balita, sehingga peran aktif orangtua sangat dibutuhkan.





5. LEGO® Juniors Quest

Game ini kalau boleh saya bilang adalah game mini RPG. Di sini, anak-anak kita diajak untuk bermain dan berimajinasi menjadi seseorang yang saling membantu satu sama lain. Mulai dari mencari kucing yang hilang, sampai dengan menjadi polisi yang menangkap orang jahat.

Guest/tugas-tugasnya pun bermacam-macam, dengan tingkat kesulitan beragam juga. Oleh karena itu peran aktif orang-tua sangat dibutuhkan karena hampir bisa dipastikan si kecil akan banyak bertanya ini dan itu.






Catatan !!!

Ini adalah nasehat dari guru-guru dan orang tua kita. Bahwa gadget memang disatu sisi banyak memberikan manfaat salah satunya sebagai alat bantu untuk mendidik anak. Akan tetapi, di sini yang lain, gadget juga memiliki sini negatif yang harus diperhatikan oleh kita para orangtua. Jika terlalu berlebihan, gadget bisa membuat anak menjadi kecanduan, lupa waktu dan bahkan antisosial.

Oleh karena itu, intinya adalah, tempatkan semuanya pada tempat dan takarannya. Jangan sampai anak-anak kita menjadi begitu tergantung dan kecanduan dengan gadget. Permainan terbaik untuk anak-anak kita tetap adalah yang berwujud nyata dan melibatkan gerak tubuh. Pastikan anak-anak kita tetap bermain dengan teman-temannya, di lingkungan, dan berkreasi dengan benda-benda disekitarnya. 

Dan yang paling penting adalah tetap dampingi dan awasi setiap aktivitas anak-anak kita.
D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js
Load comments