D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js

Suara Youtube tidak terdengar di Chrome Linux ? Begini cara memperbaikinya

Beberapa saat yang lalu, entah kenapa pada saat saya melihat video di Youtube dengan browser Google Chrome versi Linux, tidak terdengar suara sama sekali. Seperti film bisu. Padahal jika saya menggunakan browser atau aplikasi lain, suara terdengar baik-baik saja. Jadi, kesimpulan singkat saya adalah, ada sesuatu yang salah dengan browser Google Chrome sehingga suara video di Youtube hilang atau tidak terdengar.

Jika anda mengalami hal seperti saya di atas, maka mudah-mudahan solusi ini bisa membantu. Masalah ini saya alami pada saat saya menggunakan browser Google Chrome versi 50.0.2661.94 di Ubuntu 16.04 64 bit.

Berikut ini hal-hal yang harus anda periksa untuk mengatasi masalah ini.

1. Pastikan Youtube tidak mute


Hal pertama yang paling simple dan sederhana adalah, periksa sekali lagi dan pastikan setting volume suara di Youtube tidak di mute.



2. Setting Sound Aplikasi


Periksa setting sound per-aplikasi sebagai berikut. Buka menu All Settings > Sound



Klik tab Applications




Pada tab Applications tersebut akan tertera aplikasi-aplikasi apa saja yang memerlukan sound. Di sana seharusnya tertera 1 atau beberapa Chrome karena sedang digunakan untuk melihat Youtube. Nah, pastikan setting suara untuk Chrome tersebut tidak mute dan atur volumenya sesuai.

3. Reset setting PulseAudio


Jika 2 point di atas tidak juga menyelesaikan masalah ini. Maka kemungkinan ke-3 adalah, ada sesuatu pada setting PulseAudio. Sebelum ada masalah ini, jauh-jauh hari saya juga beberapa kali mengalami masalah suara yang tidak terdengar. Bedanya waktu itu suara benar-benar tidak terdengar untuk semua aplikasi, tidak untuk aplikasi tertentu. Selidik punya selidik, ternyata problem itu disebabkan oleh PulseAudio yang mungkin tidak stabil sehingga setting sering corrupt.

Dengan asumsi di atas, maka silahkan coba reset setting PulseAudio anda dengan cara menghapus setting dan merestart PulseAudio. Caranya sebagai berikut.

Buka terminal, lalu tuliskan dan jalankan perintah di bawah ini.

HATI-HATI !!!
Tulis perintah di bawah ini dengan benar dan teliti, jangan sampai salah, karena perintah hapus ini akan langsung menghapus tanpa konfirmasi.

rm -rf ~/.config/pulse
killall pulseaudio

Setelah anda mereset setting PulseAudio tersebut, maka Youtube yang sedang anda lihat tersebut kemungkinan besar akan error,  kemudian refresh halaman Youtube di browser Chrome anda, maka suara anda kembali terdengar.

Selesai.
D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js
Load comments