D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js

Cara berbagi lokasi secara realtime dengan Google+ di Android

Waktu yang lampau, salah satu cara untuk melakukan sharing lokasi secara realtime adalah dengan menggunakan Google Latitude. Sayang sekali beberapa waktu yang lalu, Google menutup layanan Latitudenya. Untungnya, Google tidak benar-benar menutup layanan sharing lokasi ini, melainkan memindahkannya ke dalam Google+. Kemungkinan besar tujuan Google adalah agar layanan berbagi lokasinya lebih terintegrasi dengan Google+ sebagai social network.

Layanan berbagi lokasi adalah layanan sharing lokasi antara satu user dengan user yang lain, agar dapat melihat posisi masing-masing secara real time. Google membedakan sharing ini menjadi 2 macam berdasarkan tingkat keakuratannya, yaitu Pinpoint Location dan City Location.

  • Pinpoint Location, disini semua user yang anda beri sharing lokasi akan dapat melihat posisi anda dengan sangat akurat (pinpoint) di maps. Hati-hatilah dalam memilih user yang akan anda sharing lokasi ini, salah-salah malah akan digunakan untuk menguntit anda. 
  • City Location , disini user yang anda beri sharing lokasi hanya akan dapat melihat posisi anda sampai level kota. Jenis ini cocok misalnya jika anda ingin sharing lokasi dengan rekan-rekan kerja atau sejenisnya.
Ok, cukup teorinya. Sekarang cara berbagi lokasi dengan menggunakan Google+.

Aktifkan Location Reporting

  1. Pada Gadget Android anda, klik all application lalu cari dan jalankan Google Setting. Lalu pilih menu Location.


  2. Di dalam Google Location Setting tersebut, pastikan Access Location tercetang dan Location Reporting ON.


  3. Jika Location Reporting anda Off, maka untuk menyalakannya, silahkan klik Location Reporting tersebut, lalu switch ON.


Setting sharing location

  1. Jalankan Google+ di Gadget Android kesayangan anda. Klik menu di pojok kanan atas, atau swipe dari kiri ke kanan layar anda.


  2. Kemudian pilih sub menu Location.


  3. Setelah masuk ke dalam Location, maka tampilan akan berubah menjadi maps. Tekan tombol menu (dengan menggunakan tombol menu pada gadget anda/sebelah tombol home biasanya). Lalu pilih location settings.

  4. Di dalam Location Settings inilah anda harus menentukan user-user mana sajakah yang akan anda sharing lokasi anda. Anda harus masing berkomunikasi agar pihak disanapun juga mau berbagi lokasinya, sehingga masing-masing dapat saling melihat posisinya. Jangan sampai anda sharing, sedangkan pihak disana tidak.


    Pastikan terlebih dahulu Location Sharing sudah ON (lihat gambar di atas). Untuk mensharing lokasi anda sampai level pinpoint, maka tekan tombol edit di sebalah kanan Pinpoint Location. Untuk level City, silahkan klik tombol Choose people to share with pada bagian bawah City Location. Anda bisa memilih langsung user atau circlenya. Sesuaikan dengan keinginan anda.


Jika semua berjalan lancar, maka anda sekarang dapat melihat posisi dari teman-teman anda yang berbagi lokasi dengan anda dan sebaliknya. 
Ah iya, pastikan GPS dan koneksi data/wifi ke internet tetap berjalan, karena keakuratan posisi sangat ditentukan oleh GPS. Jika GPS mati, maka besar kemungkinan posisi anda akan terlihat salah di Maps.

Berikut ini contoh hasil akhirnya. Sekian dan selamat mencoba.




Sumber : 

D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js
Load comments