D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js

Pengalaman upgrade Ubuntu 13.04 menjadi 13.10 secara OTA

Berikut ini saya tuliskan pengalaman saya dalam melakukan upgrade Ubuntu 13.04 menjadi 13.10 secara OTA. :D . OTA=Over the AIR, sengaja saya tulis seperti itu supaya terlihat lebay :D, kekeke. Tapi kalau dilihat-lihat, betul juga sebenarnya, saya mengupgrade Ubuntu 13.04 saya menjadi 13.10 melalui wifi dan tidak dengan fresh install. Jadi benar-benar upgrade dan download langsung lewat internet via wifi. Persis yang saya lakukan pada waktu upgrade Android.

OK, apapun itu, hari ini (2013/10/18) Ubuntu 13.10 Saucy Salamander secara resmi telah direlease. Berbeda dengan kebiasaan saya sebelumnya yang selalu melakukan fresh install, kali ini saya ingin mengupgrade Ubuntu secara langsung dari Ubuntu 13.04, dan menggunakan wifi (biar terlihat keren). Anda tidak harus menggunakan wifi, LAN pun tidak masalah, yang penting akses internet cepat dan stabil.

Pertama, buka terminal kesayangan anda, lalu ketikkan perintah di bawah ini.
sudo apt-get update
sudo apt-get dist-upgrade 
Perintah di atas akan memastikan bahwa ubuntu anda telah terupdate dengan paket terbaru. Kemudian lanjutkan dengan perintah berikut:
sudo update-manager -d
Perintah di atas menjalankan update manager dan akan melakukan pengecekan terhadap versi Ubuntu terbaru. Pada saat proses pengecekan selesai, akan muncul tampilan seperti di bawah ini.


Tekan upgrade untuk memulai proses.


Gambar di atas menginformasikan bahwa akan dilakukan upgrade menjadi Ubuntu 13.10 Saucy Salamander. Hmm, kog masih BETA ya, padahal sudah ada informasi bahwa sudah resmi di release. Abaikan saja, tekan Upgrade untuk mulai proses upgrade.

Proses selanjutnya hanyalah mengikuti alur, menunggu, menunggu, dan menunggu. Tergantung kecepatan akses internet anda, proses ini memperlukan banyak waktu, mungkin beberapa puluh menit sampai beberapa jam. Jadi, silahkan menunggu sambil ngopi atau main PS. 




Jika kemudian muncul peringatan akan meremove aplikasi-aplikasi yang usang, maka silahkan cek dulu detail paket saja yang akan di buang. Anda dapat tetap mempertahankan (keep) maupun membuang (remove). Saya pribadi cenderung untuk membuang saja agar sistem bersih.



Setelah proses yang sangat panjang, jika tidak ada masalah, maka tekan restart now untuk merestart PC anda. 


Setelah restart, silahkan langsung cek apakah Ubuntu anda sudah berhasil di upgrade. Caranya :
Klik Tombol setting (pojok kanan atas) > About this Computer. Atau tekan tombol window (untuk memunculkan dash), lalu ketik detail lalu tekan enter




Sekian bagi-bagi pengalaman upgrade Ubuntu secara OTA (:D). Selamat mencoba.
D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js
Load comments