D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js

Bermain Game PS One dengan Android

Link : Google Play

Kangen dengan game-game jadul jaman PS1 ? Tetapi console PS1 sudah rusak tak berbentuk ? Tidak perlu kuatir, anda tetap dapat memainkan game-game PS1 bahkan labih portable. Yups, dengan menggunakan gadget Android anda.

Di Android, ada banyak emulator PS1, salah satu yang paling popoler adalah Epsxe. Anda mungkin sudah familiar. Emulator Epsxe memang sangat populer di Windows PC. Di Windows anda dapat mendownload Epsxe dengan gratis, lalu install beberapa pluginnya, kemudian setting dan game-game PS1 dapat anda mainkan dengan kualitas sangat-sangat bagus. Epsxe for Windows dapat anda download disini. Mungkin kelak akan ada tulisan tersendiri tentang ini.

Di Android, Epsxe tidak gratis, melainkan berbayar senilai $4.04. Hmm lumayan. Setelah anda "membeli" aplikasi ini, anda harus mendownload file bios nya, yang dikarenakan masalah hak cipta dan lain-lain, file tersebut tidak langsung disediakan. Namun dengan sedikit bermain dengan Mbah Google saya rasa anda tidak akan sulit menemukannya. File-file bios yang digunakan biasanya adalah SCPH1000.bin atau scph1001.bin

Epsxe for Android ini memainkan game dalam format file iso. Jadi anda harus mengubah CD game anda menjadi file iso. Untuk membuat file iso ini sangat mudah, di windows anda dapat menggunakan aplikasi-aplikasi berikut ini:

Setelah file iso berhasil dibuat, selanjutnya masukkan file iso tersebut ke device Android anda. Bisa dengan menggunakan Bluetooth, Wifi, FlashDisk dan lain-lain. Termasuk file bios yang sudah anda temukan tadi. Setelah epsxe anda install, maka akan ada folder bernama epsxe dan di dalamnya terdapat banyak subfolder, misalnya bios, isos, config, plugins dll. Silahkan anda masukkan file bios dan iso ke dalam folder-folder yang sesuai. Setelah itu jalankan Epsxe dan hasilnya seperti gambar di bawah.


Run Bios digunakan untuk menjalankan bios Epsxe. Misalkan untuk melihat isi memorycard dsb.


Untuk menjalankan game anda, klik tombol Run Game. Maka akan tertera daftar game-game yang sudah anda masukkan ke dalam gadget Android anda. Mungkin akan ada proses loading file-file iso selama beberapa saat sebelum daftar game terlihat.


Klik game yang anda inginkan dan selamat bersenang-senang dengan game jadul kesayangan anda.

Dibawah ini beberapa screenshot game Parasite Eve 2 dan Legend of Legaia yang dapat saya mainkan dengan sempurna.








Note :

Epsxe ini saya test dengan menggunakan Galaxy Note 8, hasilnya sangat memuaskan. Pastikan anda memiliki space yang yang cukup untuk menampung file iso game-game anda. 1 CD biasanya berukuran kurang lebih 400-600 MB.

D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js
Load comments