D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js

Mengatasi masalah Popup Notifikasi yang hanya muncul sebagai kotak biru di Ubuntu 14.04

Beberapa minggu ini begitu menikmati Ubuntu 14.04, meskipun masih terdapat beberapa problem, tetapi itu tak mengapa. Unity memang masih muda, tetap sudah jauh lebih baik dibandingkan dengan saat saya coba di ubuntu 13.04 dan 13.10. Dahulu, persentase freeze Unity begitu sering, tetapi sekarang sudah jauh lebih stabil.

Tetapi, beberapa hari yang lalu, ada 1 problem yang membuat saya frustasi dan pusing tujuh keliling selama beberapa hari. Entah sejak kapan, Popup Notifikasi bertingkah-laku aneh, yaitu hanya muncul sebagai kotak biru di pojok kanan atas panel.


Meskipun tidak menyebabkan freeze, tetapi tetap saja mengganggu dan menjadi ganjalan dihati. Sudah banyak cara saya coba, install ulang unity, notify-osd, libnotify4, ubuntu-desktop, hasilnya nol besar. Yah, biarlah, terpaksa problem ini tanpa solusi selama beberapa hari.

Sebaris harapan mulai tampak saat mencoba menulis pertanyaan di askubuntu.com. Ternyata sebelumnya sudah ada yang mengalami problem yang sama, hanya saja pada versi Ubuntu berbeda, disini.

Secara singkat, problem ini disebabkan oleh konflik notification daemon. Saya baru ingat jika sebelumnya, saya mencoba window manager i3. Nah, ternyata window manager i3 ini memiliki notification daemon sendiri yang bernama dunst yang bentrok dengan notify-osd. Jadi, solusinya adalah uninstall saja windows manager i3 beserta aplikasi-aplikasinya.

sudo apt-get purge i3 i3-wm i3lock i3status dunst
sudo apt-get autoremove
killall dunst
Akhirnya problem terselesaikan,  sip.



D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js
Load comments