D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js

Cara Mudah Menyimpan WebPage Menjadi pdf di Android

Ada kalanya atau bahkan sering, pada saat kita sedang browsing, menemukan artikel yang sangat menarik dan kita ingin membagi/share artikel tersebut ke pada teman. Sebenarnya cara sharing paling mudah adalah dengan mengirimkan link artikel tersebut via email, atau mungkin mempost ke dalam social media. Cara kedua ini tampaknya sangat populer, tetapi punya kelemahan, yaitu jika teman kita tersebut tidak memiliki akses internet yang bebas (misalkan di kantor), sehingga tentu saja tidak bisa mengakses sembarang website apalagi social media. Biasanya staf biasa di suatu kantor, hanya mendapatkan hak untuk mengakses website perusahaan dan email perusahaan saja.

Nah, cara lain untuk mengatasi batasan tersebut adalah, dengan menyimpan artikel menjadi pdf lalu mengirimkannya via email. Cara ini sangat mudah dilakukan jika berada di browser desktop. Rasanya semua browser desktop sekarang memiliki fitur untuk save/export page menjadi pdf. Lalu bagaimana dengan Android. Ternyata, browser bawan Android tidak memiliki fitur untuk menyimpan page sebagai pdf (setidaknya sampai tulisan ini ditulis). Tetapi jangan kuatir, browser bawaan Android memang tidak bisa, tetapi masih banyak browser lain yang support.

Salah satu browser yang memiliki fitur untuk menyimpan halaman web menjadi pdf tersebut adalah Firefox. Iya betul Firefox. Bagaimana dengan Google Chrome, sayangnya Chrome tidak/belum memiliki fitur tersebut. Firefox tampaknya membuildin fitur tersebut, sehingga user tidak perlu repot  menginstall add-on apapun.

Cara untuk menyimpan halaman web menjadi pdf adalah sebagai berikut. Silahkan buka website yang anda maksud dengan menggunakan Firefox, misalnya link ini. Kemudian tekan tombol menu. Kemudian pilih Tools > Save as PDF.





Kemudian silahkan menunggu sampai proses konversi selesai. File pdf hasil konversi biasanya tersimpan di salam folder Downloads.




Di bawah ini adalah tampilan file pdf hasil konversi.



Kesimpulan.
Fitur Save as PDF di Firefox bekerja sangat bagus dan sangat simple. Simplicity menjadi keunggulan utama karena tanpa perlu menginstall add-on atau sejenisnya. Sekian dan selamat mencoba.
D. Prameswara
D. Prameswara Tukang ketik yang sedang belajar pemrograman #linux #android #vue #node.js
Load comments